IBA Bantu Thermal Detector untuk Bandara Hang Nadim Batam

IBA Bantu Thermal Detector untuk Bandara Hang Nadim Batam

Penyerahan bantuan thermal detector dari IBA ke manajemen BUBU Hang Nadim Batam. (Foto: ist)

Batam - International Business Association (IBA) menyerahkan bantuan alat pemindai suhu tubuh atau thermal detector untuk Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau. 

Peralatan yang dihibahkan ini akan dipasang di pintu keberangkatan dan bisa digunakan untuk memindai suhu tubuh para calon penumpang mulai hari ini, Sabtu (28/3/2020). 

Alat pemindai suhu tersebut diberikan kepada Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim BP Batam untuk membantu pemerintah mendeteksi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di pintu masuk kota Batam tersebut. 

Bantuan ini diserahkan oleh Ketua IBA, Shan Shan dan diterima langsung oleh Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Teknologi Informasi dan Komunikasi BP Batam Suwarso, di Bandara Hang Nadim Batam.

“Bantuan ini merupakan tindakan sukarela. Asosiasi Bisnis Internasional tergerak untuk membantu penanganan COVID-19 di Batam. Kami tentunya sangat mengapresiasi, karena memang pemerintah perlu dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk juga dari asosiasi,” kata Manager Operasional BUBU Hang Nadim Batam, Harlas Buana.

Lebih lanjut Harlas merinci, bantuan yang diberikan oleh IBA, antara lain 1 unit Thermal Imaging Camera, 2 unit monitor X2, 1 unit komputer 13, 1 unit brackets, dan 1 unit tripod.

“Fungsi alatnya sendiri sama dengan thermal detector yang sebelumnya sudah dipasang di pintu kedatangan Bandara Hang Nadim,” ujar Harlas. 

Bantuan dari IBA menambah keberadaan alat pemeriksa suhu tubuh di Bandara Hang Nadim Batam. Dimana sebelumya alat serupa juga telah dipasang di pintu kedatangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, untuk memantau penumpang yang masuk.

Selain menggunakan Thermal Detector, pengecekan suhu tubuh ini juga dilakukan secara manual menggunakan Thermal Gun bagi penumpang yang datang ke Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews