https://www.batamnews.co.id

Tjetjep: Pejabat di Kepri Rawan Terpapar COVID-19

Tjetjep Yudiana (Foto: Batamnews)

Tanjungpinang - Wabah virus corona (COVID-19) bisa menjangkiti siapa saja. Dari orang biasa hingga pejabat.  

Namun demikian, Kepala Dinas Kesehatan Tjetjep Yudiana mengatakan, sejauh ini belum ada laporan pejabat di lingkungan pemerintah Provinsi Kepri yang terpapar.

"Sampai saat ini belum ada pejabat terpapar covid-19," kata Tjetjep, Senin (23/3/2020).

Tjetjep mengatakan, pejabat cukup rawan tertular. Sebab, para pejabat selama ini sangat aktif bepergian untuk melaksanakan tugas, dimana setiap bepergian menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kapal yang sangat tinggi resiko dalam penyebaran virus corona.

Tjetjep menuturkan, untuk mengantisipasi hal ini pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap pejabat tersebut. 

Dan hal itu sesuai arahan Plt Gubernur Kepri Isdianto yang meminta agar semua pejabat kepala daerah, kepala dinas dan pejabat lainnya untuk dilakukan pemeriksaan.

"Jangan sampai justru pejabat yang akan menularkan virus corona itu," ujar Tjetjep lagi.

Ditambahkan Tjetjep yang tinggi resiko terpapar virus corona yakni orang yang menangani pasien positif corona seperi dokter, parawat dan tenaga medis lainnya.

"Untuk itu, kita menekankan kepada tenaga medis untuk mentaati aturan dalam penanganan pasien corona ini dengan standar dan safty alat pelindung diri yang terjaga," katanya.

Tjetjep mengatakan, akan melakukan sejumlah tes kepada para pejabat yang baru pulang dari luar kota atau pun di dalam kota.

 

(sut)