Wabah Corona Meluas, Warga Natuna Diimbau Tak Panik

Wabah Corona Meluas, Warga Natuna Diimbau Tak Panik

Tim Kesehatan Komando Gabungan Tugas Terpadu Operasi Bantuan Kemanusian untuk Natuna yang dipimpin Danyonkes I Marinir Letkol Laut Muh. Arif bersama Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian dan Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Aris Munandar usai menggelar sosialisasi lewat Radio Republik Indonesia (RRI) Ranai, dalam acara Kancah Opini Pagi (Kopi Pagi), Jumat (20/3/2020) kemarin.

Natuna - Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) semakin meluas. Kondisi ini pun menjadi perhatian banyak pihak termasuk di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Tim Kesehatan Komando Gabungan Tugas Terpadu Operasi Bantuan Kemanusian untuk Natuna yang dipimpin Danyonkes I Marinir Letkol Laut Muh. Arif bersama Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian dan Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Aris Munandar, mulai mensosialisasi penanganan dan antisipasi terhadap Covid-19 kepada masyarakat.

Sosialisasi ini dilakukan lewat Radio Republik Indonesia (RRI) Ranai, dalam acara Kancah Opini Pagi (Kopi Pagi), Jumat (20/3/2020) kemarin.

"Untuk diketahui, dampak dari virus corona terhadap kesehatan yaitu mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan gejala penyakit pernapasan berat seperti demam tinggi, batuk berdahak, sesak nafas yang disertai dengan nyeri dada," ucap Letkol Laut Muh. Arif dalam kesempatan tersebut.

Namun kata dia, dalam perkembangannya, kini gejala infeksi corona virus banyak yang menjadi asymtomatis (Tidak bergejala). Warga bisa terinfeksi virus corona tanpa menunjukan gejala-gejala pada umumnya.

"Penularan dan penyebaran Covid-19 melalui berbagai cara, diantaranya tidak sengaja menghirup percikan droplet dari bersin atau batuk dari penderita virus corona, kontak dengan jarak satu meter dengan penderita, seperti bersentuhan dan bersalaman," ujarnya.

Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian dalam kesempatan sama menjelaskan, dalam upaya pencegahan dan antisipasi terhadap penularan virus corona, pihaknya beserta jajaran telah mengambil beberapa langkah antisipasi seperti pengecekan suhu tubuh terhadap semua anggota Polres Natuna, melakukan pembersihan serta penyemprotan disinfektan terhadap tempat umum seperti bandara, pelabuhan, terminal hingga Pasar Ranai.

"Salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, biasakan mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, istrahat teratur, mengatur pola makan dan sering berolahraga, sehingga bisa meningkatkan sistem imunitas kita," sebut AKBP Ike.

Sementara itu,  Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Aris Munandar mengimbau agar masyarakat Natuna tidak perlu heboh, khawatir dan panik. Jangan sampai termakan informasi ataupun berita yang belum jelas kebenarannya terkait dampak dari pada virus corona, yang bersifat provokatif dan memicu keresahan masyarakat.

"Alhamdulillah sampai saat ini, kami sudah bersinergi dengan Dinas Kesehatan Natuna dan RSUD Natuna untuk melakukan beberapa langkah pencegahan, salah satunya yaitu mensosialisasikan kepada masyarakat apa itu Covid-19, serta bagaimana dampak dan alur penyebaran virus itu sendiri," ujar Aris.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews