Presiden Targetkan RS Khusus Corona di Pulau Galang Rampung Bulan Ini

Presiden Targetkan RS Khusus Corona di Pulau Galang Rampung Bulan Ini

Presiden Jokowi. (Foto: Kris-Biro Setpres)

Jakarta - Pembangunan rumah sakit khusus untuk karantina dan observasi serta isolasi pasien Covid-19 di Pulau Galang, Batam ditarget selesai 28 Maret 2020 mendatang.

Presiden Jokowi menyebutkan, pemerintah sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung untuk rumah isolasi dan rumah sakit Covid-19 di seluruh Indonesia.

"Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 dan juga sebagai rumah isolasi mulai Sabtu, (21/3/2020)," kata Jokowi dalam keterangan pers, Jumat (20/3/2020) yang disiarkan live via akun youtube Sekretariat Presiden.

Selain Wisma Atlet Kemayoran, kata Jokowi, pemerintah menjadikan Pulau Sebaru (DKI Jakarta) dan Pulau Galang (Kota Batam, Kepri) untuk menjadi lokasi karantina, observasi dan isolasi.

"Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu, 28 Maret 2020," sebutnya.

Jokowi menjelaskan, dalam penanganan pasien corona kapasitas rumah sakit rujukan akan terus ditingkatkan dan ditambah, baik dari sisi ruang, peralatan, obat dan SDM.

"Rumah sakit TNI, rumah sakit Polri, dan rumah sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan sebagai rumah sakit Covid-19," ujarnya.

Sedangkan rumah sakit swasta juga akan diajak serta untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya.
 
"Saya akan menggerakkan seluruh kekuatan pemerintah dan kekuatan negara dan bangsa untuk mengatasi kesulitan ini, baik permasalahan kesehatan dan masalah sosial ekonomi yang mengikutinya," tegasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews