Ini Situs untuk Belajar di Rumah Selama Wabah Virus Corona

Ini Situs untuk Belajar di Rumah Selama Wabah Virus Corona

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Foto: Suara.com)

Jakarta - Merebaknya wabah virus Corona disikapi pemerintah daerah dengan menghentikan aktivitas belajar dan mengajar di sekolah. 
 
Namun demikian, siswa bukannya libur melainkan tetap belajar di rumah dengan sistem pembelajaran elektronik atau e-learning

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pihaknya sudah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.

Beberapa fitur yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Selain itu, ia juga menyatakan telah melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak swasta. Dengan demikian, para siswa memiliki berbagai referensi untuk belajar di rumah.

Nadiem menjelaskan, saat ini kerja sama penyelenggaraan pembelajaran secara daring dilakukan dengan berbagai pihak. Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius.

Pendiri Gojek ini menyatakan dengan kerja sama pihaknya dengan swasta ini, maka kegiatan belajar tetap tak terganggu. Selain itu masyarakat yang berada di rumah juga terhindar dari penularan virus.

"Kami menghargai mitra-mitra di sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah," ujar Nadiem dalam keterangan tertulis yang dilansir Suara.com Senin (16/3/2020).

Berikut situs yang dapat diakses untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar di rumah:

Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id

Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id

Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office

Akses Quipper School: https://quipper.com/id/school/teachers/

Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e

Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas

Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews