Cegah Covid-19, Sekolah di Batam Diliburkan Selama Dua Pekan

Ilustrasi.

Batam - Aktivitas belajar mengajar di sekolah Kota Batam, Kepulauan Riau diliburkan selama dua pekan mulai Selasa (17/3/2020) besok. 

Wali Kota HM Rudi mengatakan keputusan ini diambil menyusul wabah virus Corona atau Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia. 

“Proses belajar di sekolah kita liburkan selama dua minggu,” ujar Rudi saat rapat forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Asrama Haji, Batam, Kepri, Senin (16/3/2020). 

Selama libur dua pekan ini kata Rudi, akan dimanfaatkan untuk melakukan upaya membersihkan gedung-gedung sekolah dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Rudi menekankan dua minggu ini nantinya, anak-anak tidak libur namun diarahkam untuk belajar di rumah.

“Bukan libur, tapi belajar di rumah,” kata dia. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan menyampaikan sesuai instruksi Wali Kota, pihaknya akan meneruskan kebijakan tersebut. 

“Surat edaran sudah disiapkan, tinggal ditandatangani pak wali saja,” ujar Hendri. 

Hendri menyebutkan libur sekolah ini akan berlaku mulai esok Selasa (17/3/2020) sampai dengan tanggal 30 Maret 2020 dan berlaku bagi sekolah dari tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP. 

“Semua sekolah baik swasta maupun negeri, dan juga di sekolah-sekolah pulau penyangga,” kata Hendri. 

Selain itu, untuk proses belajar di rumah akan diberlakukan sistem e-learning atau belajar secara online. Kemudian juga memanfaatkan aplikasi whatsapp grup guru mata pelajaran. 

“Bisa saja diberikan tugas-tugas kepada anak,” katanya. 

Dalam minggu ini juga sedang ada mid semester, Hendri mengungkapkan pelaksanaan ujian tersebut akan ditunda. 

“Tidak masalah ditunda,” kata dia. 

Walaupun anak-anak diliburkan, namun untuk kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi baik itu Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer tetap masuk bekerja seperti biasa. 

“Tetap masuk seperti biasa, agar membantu proses pembersihan gedung sekolah,” ucap Hendri. 

(ret)
SHARE US :