https://www.batamnews.co.id

Isdianto Ingin Realisasikan Roro Tanjungpinang-Johor

Kunjungan Plt Gubernur Kepri, Isdianto ke Negeri Johor. (Foto: ist/Batamnews)

Johor - Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengharapkan peningkatan kerjasama antara Negeri Johor dan Provinsi Kepri. Banyak hal yang dibicarakan dalam Kunjungan Hormat Gubernur Kepri ke Negeri Johor di Johor Bahru, Kamis (12/3/2020).
 
"Kita bisa terus meningkatkan kerja sama dalam segala bidang. Untuk menggerakkan ekonomi di Kepri dan Johor," kata Isdianto.

Isdianto, pada pertemuan tersebut didampingi Ketua TP PKK Kepri Rosmeri Isdianto mengatakan banyak sektor yang bisa terus ditingkatkan kerja samanya. Baik ekonomi, sosial budaya maupun perbatasan.

Apalagi kini Kelompok Kerja Sosek Malindo (Sosial Ekonomi Malaysia Indonesia) terus memperkuat kerja sama itu. Dalam 18 kali pertemuan, sudah banyak yang dibicarakan dan disepakati kedua negara.

Untuk Kepri, Isdianto menekankan peningkatan kerja sama di sektor perhubungan. Salah satunya kapal Roro Tanjungpinang-Johor segera terealisasi.

"Dukungan Kementerian Perhubungan agar daerah mencari solusi dan inovasi terbaik untuk meningkatkan kemajuan daerah sangat kuat," tutur Isdianto.

Dalam kunjungan itu, turut hadir tokoh sentral pembentukan Provinsi Kepri Huzrin Hood, Tenaga Ahli Gubernur Saidul Khudri, Herizal Hood dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemprov Kepri.

Dari Negeri Johor, Isdianto diterima YB Datuk Haji Samsolbahri Bin Jamali, Exco Pertanian, Indistri Asa Tani dan Kemajuan Luar Bandar.

Hadir juga YB Tuan Haji Mazlan Bin Bujang, Exco Pendidikan, Penerangan, warisan dan Budaya, dan YB Dato' Dr. Haji Badrul Hisham Bin Kassim, Timbalan Setiausaha Kerajaan Johor.

Isdianto merasakan keakraban dan keramahan saat tiba di Putri Harbour hingga kepulangan ke Tanjungbalai sempena penutupan MTQ Kabupaten Karimun.

Tidak lupa mereka mengundang Menteri Besar Johor dan Exconya untuk hadir ke Tanjungpinang dalam perhelatan MTQ Provinsi Kepri.

"Kami ni macam balek kampung, jika berkunjung ke Johor ini. April nanti kami menyelenggarakan MTQ Provinsi di Tanjungpinang, kami menjemput kehadiran MB ke Kepri," kata Isdianto.

Sementara Datuk Samsolbahri mengatakan, Johor dan Kepri memang sangat dekat secara kekeluargaan. Karena itu hubungan yang sudah baik ini diikuti dengan peningkatan hubungan sektor lainnya. “Diharapkan ada kerjasama di bidang lainnya, seperti industri,” kata Samsolbahri.

Samsol menegaskan Johor dan Kepri harus saling melengkapi satu sama lain. Yang prioritas harus secepatnya diselesaikan.

“Sesuai dengan diungkapkan Pak Governor, mungkin roro adalah yang prioritas saat ini. Tetapi apa yang sudah dilakukan dan terjalin kerjasama selama ini tetap harus dilanjutkan. Ibarat kita dalam keluarga, jika ada kue, kita harus saling berbagi,” kata Samsolbahri.

Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk wilayah Johor, Melaka, Negeri Sembilan, dan Pahang, Sunarko yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan sangat mendukung dan mendorong tiap daerah untuk peningkatan kerja sama ekonomi.  Apalagi untuk kawasan yang sudah sangat akrab seperti Johor dan Kepri.

“Banyak kegiatan ekonomi akan bergerak dari pertemuan dan kunjungan-kunjungan seperti ini,” kata Sunarko.

 

(sut)