DBD Ancam Indonesia saat Virus Corona Mewabah

DBD Ancam Indonesia saat Virus Corona Mewabah

Ilustrasi.

Jakarta - Di tengah mewabahnya Virus Corona, ancaman lain muncul di Indonesia dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini sudah masuk tingkat mengkhawatirkan.

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati meminta pemerintah tidak cuma fokus penanganan Covid-19 alias virus Corona.

"Kita jangan terlena dengan Covid-19 karena DBD ini juga sudah KLB kondisinya, sudah 80 lebih yang meninggal dengan kasus 14 ribu lebih, lebih banyak dari pada pasien Covid-19 dan juga korban dari Covid-19," ujar Kurniasih dilansir Liputan6.com.

Sehingga, Komisi IX yang menangani masalah kesehatan akan membentuk dua tim berbeda untuk melakukan supervisi terhadap KLB DBD dan Covid-19.

"Saya kira pemerintah benar-benar harus sangat serius memperhatikan kesehatan masyarakat di Indonesia dari segi macam jenis virus," kata Kurniasih.

Dia menilai, DBD akan lebih bahaya dibandingkan Corona. Sehingga pemerintah didesak untuk lebih serius menangani. Tak hanya fokus kepada Corona saja.

"Virus Dengue ini akan lebih tinggi bahayanya dibandingkan dengan virus Covid-19 tapi juga tidak boleh gampangin Covid-19 juga, jadi perlu dibikin satu kesatuan kerja menurut saya di pemerintah, dengan melibatkan sejumlah kementerian untuk handling Covid-19," kata Kurniasih.

"Tetapi kalau DBD, ini ya, mau nggak mau Kemenkes, engan jajarannya sampai ke tingkat kota kabupaten dan provinsi," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews