https://www.batamnews.co.id

Sempat Rusuh, Disdukcapil Batam Terima 20 Ribu Keping Blangko e-KTP

Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar.

Batam - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam telah menerima sebanyak 20 ribu blangko e-KTP bulan ini. Sebelumnya Disdukcapil meminta 35 ribu blangko e-KTP.

Turunnya blangko ini, detelah sempat terjadi insiden perkelahian antara warga pemohon e-KTP dengan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam pekan lalu.

Kadisdukcapil Kota Batam, Said Khaidar mengatakan perolehan blangko e-KTP bulan ini lebih banyak dari yang biasa. 

"Alhamdulillah, dapatnya cukup banyak. Tadi pagi saya dengar di radio banyak sekali yang mengeluhkan soal blangko ini," ujar Said, Jumat (28/2/2020).

Maka dari itu pihaknya memanggil seluruh pegawai di sembilan kecamatan untuk memberikan data e-KTP, agar segera dicetak. 

"Kami sudah rapat, dan saya sudah bagikan blangko sesuai kebutuhan masing-masing kecamatan," kata Said.

Ia mengimbau bagi warga yang sudah lama melakukan perekaman, namun belum mendapatkan e-KTP maka bisa mendatangi Disdukcapil. Dengan catatan harus ada resi sebagai bukti telah merekam data. 

"Agar mereka yang sudah lama menunggu ini segera pegang mereka punya e-KTP," jelas Said.

Terkait mekanisme pencetakan e-KTP ini, Said mengatakan akan dilakukan berdasarkan data tunggu yang sudah ada. Bulan ini saja kata Said, ada ribuan e-KTP yang harus dicetak. 

"Hari ini sudah mulai cetak. Jadi bertahap akan kami coba selesaikan penumpukan pencetakan e-KTP yang ada saat ini," kata dia.

Proses pencetakan e-KTP ini harus dilakukan sesegera mungkin, supaya dapat mengajukan lagi blangko e-KTP ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

“Supaya bisa ditambah lagi,” kata dia. 

(ret)