PAD Sektor Wisata Bintan Anjlok Terdampak Isu Corona

PAD Sektor Wisata Bintan Anjlok Terdampak Isu Corona

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengundang para pengusaha pariwisata dan resort di Bintan membahas strategi menggairahkan kembali pariwisata yang lesu akibat dampak virus corona. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Wisata Kabupaten Bintan lesu akibat terdampak isu corona. Resort dan penginapan sepi. Pemkab Bintan melakukan langkah-langkah strategis bersama para pengusaha wisata.

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyebutkan, jika PAD Bintan di sektor ini mengalami penurunan drastis.

"Kunjungan turis dari Januari-Februari ini turun 80 persen. Kemudian PAD Bintan juga anjlok 50 persen," ujarnya, Selasa (25/2/2020).

Turunnya kunjungan wisman ke Bintan dikarenakan pintu masuk utama dari Singapura sempat ditutup akibat status kewaspadaan virus corona di negara tersebut dalam zona 'orange'.

Tercatat, Januari-Februari 2019 lalu Bintan telah mengantongi PAD sebesar Rp 14 miliar. Namun akibat kunjungan sepi, PAD 2020 di bulan yang sama anjlok 50 persen menjadi Rp 7 miliar.

"Dunia pariwisata kita harus bangkit, kita harus berbenah dan tidak boleh menunggu hingga keberadaan imbas virus ini selesai. Maka kita harus menggali segmen dan pangsa pasar pariwisata, khususnya dalam target waktu jangka pendek," jelasnya.

Dalam waktu dekat ini, dia bersama instansi terkait segera berkomunikasi dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Dia akan menyampaikan hasil dari keluhan dan laporan para pengusaha hotel tentang penurunan jumlah kunjungan turis dan sepinya penginapan.

Kemudian juga diharapkan pengusaha hotel bersama pemerintah dapat bergandengan tangan dalam menyiasati hal ini. Khususnya melakukan pembenahan strategi pemasaran dengan memberikan tarif yang berbeda, baik turis asing maupun turis lokal.

"Kita sharing bagaimana pemerintah bisa menggelar event pariwisata dengan segmen turis asing dan lokal. Lalu para pengusaha hotel mungkin bisa memberikan diskon atau tarif berbeda antara turis asing dan lokal," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews