Tanjungpinang Miliki Bibit Atlet Panahan Potensial

Atlet panahan Tanjungpinang berlatih menghadapi seleksi. (Foto: Adi/batamnews)

Tanjungpinang - Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Tanjungpinang dalam waktu dekat akan menggelar seleksi terbuka atlet dan pelatih panahan. 

Seleksi itu untuk mencari bibit-bibit pemanah dan pelatih yang nantinya akan dibina oleh Perpani Kota Tanjungpinang.

"Dalam waktu dekat, kami akan melaksanakan seleksi atlet dan pelatih di Tanjungpinang. Kalau tak ada halangan di bulan April," kata Ketua Perpani Kota Tanjungpinang, Ade Angga, Minggu (23/2/2020).

Ade Angga menuturkan, di Tanjungpinang saat ini memiliki banyak pemanah-pemanah potensial. Seleksi itu nantinya berdasarkan poin yang dicapai setiap pemanah.

"Beberapa pemanah kan sudah ada di Tanjungpinang. Biasanya kami pakai scoring. Jadi siapa yang tertinggi akan kami jadikan atlet untuk dibina," ungkapnya.

Ade menuturkan, pihaknya sedikit mengalami kesulitan dalam menentukan lokasi yang cocok untuk menggelar kegiatan seleksi tersebut. 

Hal ini karena terkait aturan baku yang ada di PB Perpani. Sehingga pihaknya harus berhati-hati dalam menetapkan lokasi untuk pelaksanaan seleksi atlet panahan tersebut.

"Sekarang kan Perpani Pusat itu punya tagline No Safety No Archery. Artinya kalau tak safety, tak boleh memanah, dan itu kesulitan. Sekarang mereka berlatih di klub masing-masing, seperti di sekolah," ujarnya.

Kedepan, kata Ade Angga, Perpani Kota Tanjungpinang harus memiliki lokasi atau lapangan latihan yang representatif.

"Kami melalui Dispora, mengusulkan lapangan. Mungkin nanti setelah stadion (Gedung Olahraga) selesai dibangun. Jadi kami minta ada lapangan indoor di stadion Senggarang," katanya.

Ade Angga menambahkan, Perpani Kota Tanjungpinang tengah berjuang mengembangkan dan memajukan olahraga panahan di Kota Tanjungpinang ini. 

Pada tahun lalu, kompetisi panahan kali pertama masuk dalam ajang Waki Kota Tanjungpinang Cup Tahun 2019 bersamaan 9 cabang olahraga lainnya.

"Untuk kompetisi, panahan sudah rutin masuk di Wali Kota Cup. Nanti yang akan kami buat itu untuk tingkat pelajar," pungkasnya. 

(adi)