LAM Batam Anugerahi Surya Paloh Gelar Dato` Sri Setia Wangsa

LAM Batam Anugerahi Surya Paloh Gelar Dato` Sri Setia Wangsa

Penganugerahan gelar Dato Sri Wangsa Setia dari LAM Batam untuk Surya Paloh.

Batam - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh mendapat gelar kehormatan Dato' Sri Setia Wangsa dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam Provinsi Kepualuan Riau.

Pemberian gelar kehormatan ini dilakukan di ruang VIP Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (22/2/2020) sore. Gelar tersebut diberikan karena dinilai jasa Paloh cukup besar kepada Kepri.

Ketua LAM Batam, Nyat Kadir menyampaikan gelar ini berarti pemimpin yang setia dalam keadaan apapun pada bangsa dan megara, serta dapat mendedikasikan diri pada bangsa dan negara.

“Wangsa artinya bangsa,” ujar Nyat Kadir.

Nyat menjelaskan gelar ini diberikan atas perjuangan Surya Paloh yang membuat Sultan Mahmud Riayat Syah mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

“Waktu itu pak Surya membantu kami memperjuangkan Sultan Mahmud Riauat Syah menjadi pahlawan nasional, gagasan ini disampak langsung ke presiden, hingga akhirnya disetujui,” kata Nyat.

Selain itu, usaha lainnya yang dilakukan Surya terhadap Kepri berupa menghilangkan dualisme di Batam. Nyat menyampaikan Surya Paloh termasuk salah satu yang membiaikkan kepada Presiden RI, Joko Widodo.

“Kami sampaikan ke beliau, bahwa harus ada sistem yang menyatukan dualisme ini, masukan ini dinilai masuk akal, dan akhirnya disampaikan kepada Presiden,” kata dia.

Pemberian gelar ini dilakukan dengan proses tepuk tawar. Dan kemudian pada tahap terakhir, Nyat Kadir memasangkan keris dan tanjak kepada Surya Paloh.

Terlihat Surya Paloh menggunakan pakaian adat melayu. Pada kesempatan tersebut, hadir juga Plt Gubernu Kepri, Isdianto dan Bupati Bintan, Apri Sujadi menyaksikan proses adat tersebut.

Terkait kedatangan Surya Paloh ke Batam, Wakil Sekretaris DPW NasDem Kepri Muhammad Kamaluddin menyampaikan bahwa Surya akan melantik pengurus DPW Kepri dan 7 DPC.

“Sebelum pelantikan pada esok hari, paginya ada acara ngobrol bareng surya paloh di ocarina, kemudian siangnya dilanjutkan pelantikan pengurus,” ujar Kamaludin. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews