Resep Sayur Asam Udang dan Telur Berenda, Enaknya Menggoda!

Resep Sayur Asam Udang dan Telur Berenda, Enaknya Menggoda!

Telur Berenda

Jakarta - Masakan yang segar dan hangat pasti lebih menggugah selera. Seperti sayur asam udang dan telur dadar yang digoreng garing. Sedap menggoda selera keluarga.

Sekali-sekali olah udang dengan cara berbeda. Udang biasanya digoreng atau dibikin rempeyek. Kali ini diolah dengan kuah pedas dengan paduan jamur merang. Rasanya asam segar dan bikin melek.

Olahan sayuran yang pedas menyengat juga enak dimakan dengan nasi. Terung ungu yang segar, enak diolah dengan samba lado atau sambal merah yang pedas, asam sekaligus segar.

Yang sederhana bukan berarti tidak menarik. Telur dadar gaya Jawa yang keriting garing bisa menerbitkan selera makan. Meskipun hanya dikucuri kecap manis dan disuap dengan sedikit sambal.

Beberapa pilihan resep detikfood ini bisa jadi pilihan untuk menu harian keluarga.

1. Sayur Asam Udang

Biasanya sayur asam memakai campuran beragam sayuran. Diberi bumbu halus dengan tambahan belimbing sayur atau asam Jawa. Kali ini Anda bisa mencoba memakai udang segar sebagai bahan sayur asam.

Pilih udang ukuran sedang yang segar. Kulit dan kepalanya masih lekat, bening dengan aroma laut yang segar. Buang kepala udang lalu cuci bersih di bawah air mengalir agar semua kotorannya larut dan tiriskan.

Sebaiknya rebus bumbu dan air beberapa saat hingga matang. Karena udang cepat matang, tambahkan setelah kuah berbumbu mendidih beberapa saat. Demikian juga dengan cabai hijau utuh, masukkan terakhir agar tetao renyah. Untuk membuat sayur asam udang ini ikuti saja resep ini.

3. Telur Berenda

Telur dadar akhir-akhir ini populer sebagai menu rumah makan. Dengan paduan kecap dan sambal, telur dadar sudah terasa enak. Ada telur dadar versi warteg Jawa yang gurih enak karena digoreng dalam minyak banyak dan panas.

Telur dadar yang garing dan keriting ini bisa ditambah dengan sambal terasi atau irisan halus cabai rawit hijau. Rasa peda segarnya akan membuat telur dadar ini makin enak dimakan hangat.

Saat diangkat dari wajan, telur dadar ini biasanya berminyak. Tekan dengan spatula dan tiriskan hingga kering minyaknya. Untuk mendapatkan 'keriting' yang renyah, gunakan minyak yang banyak. Ikuti tahapan dalam resep ini untuk membuatnya. Lihat cara membuatnya di resep ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews