Kebiasaan 10 Ribu Langkah Sehari Ternyata Tak Bermanfaat Turunkan Berat Badan

Kebiasaan 10 Ribu Langkah Sehari Ternyata Tak Bermanfaat Turunkan Berat Badan

Ilustrasi.

Selama ini seseorang disarankan untuk berjalan sebanyak 10 ribu langkah. Hal ini disebut cukup baik dan bermanfaat bagi kesehatan tulang. Beberapa orang bahkan menyebut bahwa cara ini juga bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah?

Ternyata, berjalan 10 ribu langkah setiap hari tidak berpengaruh terhadap upaya dalam menurunkan berat badan. Walau begitu, hal ini juga bermanfaat karena bisa mengurangi aktivitas kurang gerak yang akmu alami.

Hasil temuan ini didapat melalui penelitian yang telah dipublikasikan pada Journal of Obesity. Dilansir dari The Health Site, peneliti melakukan penelitian terhadap 120 mahasiswa baru di Amerika Serikat selama enam bulan dengan menghitung langkah yang mereka lakukan sehari-hari.

"Olahraga saja tidak selalu menjadi cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Ketika kamu menghitung langkah, kamu memiliki manfaat untuk meningkatkan aktivitas fisik. Walau begitu, hasil temuan kami tak menjelaskan bahwa hal ini bermanfaat untuk mempertahankan berat badan atau mencegah bertambahnya berat badan," terang peneliti Bruce Bailey dari Brigham Young University, Amerika Serikat.

Pada penelitian ini, partisipan berjalan 10.000, 12.500, atau 15.000 langkah setiap hari, 6 hari seminggu selama 24 minggu. Di samping itu, peneliti juga mempelajari konsumsi kalori mereka dan berat badan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah berjalan lebih dari 10 ribu langkah setiap hari bisa meminimalisasi bertambahnya berat badan dan lemak pada mahasiswa baru. Namun ternyata diketahui bahkan pada mereka yang berjalan 15 ribu langkah tetap mengalami bertambahnya berat badan. Pada penelitian ini, partisipan mengalami bertambahnya berat badan sekitar 1,5 kilogram.

Walau berat badan tidak mendapat dampak dari meningkatnya jumlah langkah ini, terdapat dampak positif dari aktivitas fisik berpola ini. Hal ini dianggap bisa berdampak positif baik bagi kesehatan maupun emosi seseorang.

Salah satu dampak positif dari penelitian ini adalah menurunnya waktu berdiam diri secara drastis. Hal ini dialami baik bagi mereka yang berjalan 12.500 atau 15.000 langkah.

Bagi mereka yang berjalan 15.000 langkah sehari, waktu berdiam diri menurun hingga 77 menit setiap hari. Walau tidak bisa membantu menurunkan berat badan, hal ini bisa membuatmu lebih sehat dan bugar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews