Lurah Tanjungbalai Ungkap Hal Seru Ini di Rumah Kreatif

Lurah Tanjungbalai Ungkap Hal Seru Ini di Rumah Kreatif

Hasil kerajinan warga di Rumah Kreatif Kelurahan Tanjungbalai, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Kepri. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Untuk menstimulasi kreatifitas warga, Kelurahan Tanjungbalai, Kabupaten Karimun menggiatkan kegiatan kerajinan tangan warga yang ditampung di lokasi Rumah Kreatif.

Lurah Tanjungbalai, Kecamatan Karimun, Azrizal mengakui antusias warga cukup tinggi. Kerajinan tangan yang dibuat dari limbah atau barang bekas itu berpotensi menunjang perekonomian rumah tangga.

"Kita dorong para ibu-ibu, memberikan semangat dalam membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas," kata Azrizal, Senin (17/2/2020).

Rumah kreatif tersebut disebutkannya juga untuk menjalin silaturahmi antar masyarakat, juga untuk memasarkan hasil-hasil yang dibuat.

 

Lurah Tanjungbalai, Kecamatan Karimun, Azrizal. (Foto: Edo/Batamnews).

Disebutkan Azrizal, untuk membuat kerajinan tangan tersebut, masyarakat masih menggunakan dana swadaya.

"Masih secara swadaya, kita saat ini membantu untuk memasarkan melalui rumah kreatif. Itu juga sudah pasti menambah penghasilan bagi masyarakat," ujarnya.

Adapun barang-barang bekas yang diolah ialah botol air mineral, tempat telur, tutup botol, kaleng bekas, kain bekas.

Barang-barang tersebut disulap menjadi benda-benda yang dapat digunakan sehari-hari. Seperti kursi dari botol mineral bekas, tempat tisu, bunga, dan masih banyak lainnya.

"Mereka ada kemampuan dan untuk membuat itu mereka juga belajar secara otodidak," sebutnya.

Hingga saat ini, sudah ada hasil-hasil kerajinan yang dibeli atau dipesan oleh pembeli yang tertarik. "Kami akan terus kembangkan hal ini," kata Azrizal.

(aha)