Awas! Ini Bahaya Terlalu Sering Mandi di Malam Hari

Awas! Ini Bahaya Terlalu Sering Mandi di Malam Hari

Ilustrasi

Jakarta - Mandi di malam hari mungkin sudah menjadi kebiasan bagi beberapa orang yang memiliki aktivitas di luar rumah hingga larut malam, bertujuan untuk membersihkan badan agar dapat beristirahat dengan rileks, tapi justru mandi di malam hari memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Pernahkah Anda mendengar larangan tentang bahaya mandi di malam hari?

Walaupun mandi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, tapi ternyata mandi juga memiliki dampak buruk bagi tubuh Anda. Dikutip dari steemit.com berikut adalah beberapa bahaya jika Anda terlalu sering mandi di malam hari.

1. Menyebabkan rematik

Rematik adalah penyakit autoimun, penyakit yang akan terjadi pada peradangan sendi, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan sakit-sakit persendian.

Penyebab rematik tidak begitu jelas, tetapi menurut para ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif.

2. Menyebabkan penuaan dini

Mandi di malam juga bisa mempercepat penuaan dini pada Anda. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak akan kuat rangsangan air dingin ketika kita mandi di malam hari, ini akan menghasilkan peningkatan metabolisme. Untuk itu tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

3. Menyebabkan paru-paru basah

Mitos yang mengatakan mandi di malam hari bisa menyebabkan paru-paru basah, ternyata tidak benar. Paru-paru basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara. Jika mengalami paru-paru basah biasanya pasien akan mengalami batuk berdahak, kesulitan bernapas, atau sampai menggigil.

4. Membuat demam

Mandi di malam hari berkenaan dengan pori-pori tubuh dan panas tubuh akan mulai naik di malam hari, Anda harus menghindarinya. Ini karena jika tubuh "panas" kita disiram air dingin di malam hari maka pori-pori yang terbuka ini akan membuat tubuh kita panas dan dingin seperti demam.

5. Menyebabkan asam urat

Mandi malam juga bisa memicu serangan gout. Penyakit ini justru akan terjadi karena konsumsi zat purin yang besar dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat. Dan itu dapat menyebabkan ginjal yang tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews