Lucinta Luna Ditangkap Polisi, Kenali Ciri Pemakai Narkoba

Lucinta Luna Ditangkap Polisi, Kenali Ciri Pemakai Narkoba

Ilustrasi

Jakarta - Lucinta Luna diduga terjerat kasus narkoba. Saat ini Lucinta diamankan polisi bersama ketiga temannya karena kedapatan membawa barang haram dan obat penenang yang masuk psikotropika.

Sebelum Lucinta Luna, telah banyak artis yang juga terjerat kasus narkoba. Kebanyakan di antaranya belum menunjukkan tanda-tanda ketergantungan ketika ditangkap pihak kepolisian. Lalu adakah ciri pemakai narkoba yang bisa dikenali?

Peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neurosience, dr Hari Nugroho, menyebut ada 12 kondisi yang menandakan seseorang mengalami ketergantungan.

"Pengguna cukup memiliki 3 dari 12 tanda tersebut untuk masuk pusat rehabilitasi," katanya seperti dilansir dari detikcom beberapa waktu lalu.

Adapun 3 tanda atau ciri yang dimaksud antara lain:

Tanda pertama: peningkatan toleransi zat narkoba pada pengguna. Pada tahap ini, pengguna sudah membutuhkan dosis yang lebih besar dibandingkan saat pertama kali menggunakan narkoba untuk efek yang sama.

Tanda kedua: muncul gejala putus obat saat keinginan mengonsumsi narkoba tidak terpenuhi. Gejalanya beragam mulai dari sakit kepala, diare, gemetar, lelah, hingga sulit mengendalikan emosi.

Tanda ketiga: berkaitan dengan kondisi psikososial pengguna. Meliputi kehidupan pribadi yang mulai terganggu, memprioritaskan konsumsi zat dibanding kepentingan lainnya, dan muncul keluhan dari lingkungan sekitar akibat menggunakan narkoba.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews