Ceramah soal Gaya Hidup, UAS: Halal Bikin Sehat

Ceramah soal Gaya Hidup, UAS: Halal Bikin Sehat

Ustaz Abdul Somad usai memberikan ceramah Subuh di Masjid Baiturrahman, Karimun, Jumat (14/2/2020). (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Masjid Baiturrahman, Teluk Air, Karimun terlihat penuh sesak pada Jumat subuh (14/2/2020). Warga khusyuk menunaikan salat Subuh berjamaah.

Tingginya animo warga salat Subuh berjamaah, juga dipicu dengan hadirnya Ustaz Abdul Somad (UAS). Ulama itu hadir dan memberikan tausyiah bertema 'Halal Lifestyle Bukan Sekadar Pilihan, Tapi Keharusan'.

Untuk mendapat tempat, masyarakat rela untuk datang lebih awal. Kedatangan UAS menghipnotis masyarakat untuk datang mendengar ceramahnya.

Masjid yang dua lantai, penuh sesak. Lantai dasar ditempati oleh wanita, sementara di lantai dua untuk laki-laki. Selain itu, halaman masjid juga dipenuhi oleh jamaah yang datang.

Dalam tausyiahnya, Abdul Somad menyinggung gaya hidup mengenai makanan. Dimana banyak umat muslim yang sehat, karena makan makanan yang halal.

"Makanlah makanan yang halal, yang ada label halalnya. Masaklah makanan hingga matang, bakteri dan kuman akan hilang, dan menjadikan kita sehat. Jangan masaknya setengah, apalagi yang masih ada darahnya," ujar UAS.

Kemudia, gaya hidup untuk mendapatkan rezeki yang benar-benar halal. Sehingga, makanan yang dibelanjakan dari rezeki yang didapat berkah.

"Makanannya sudah halal, tapi cara mendapatkan tidak halal, sama saja tidak. Jadi, harus didapatkan dengan cara atau rezeki halal juga," ucap Abdul Somad.

UAS juga menyinggung dalam gaya berpakaian. Dimana harus mengenakan pakaian yang menutup aurat. "Jangan pakai pakaian yang belum siap jahit. Pakaian yang tampak auratnya," kata Abdul Somad.

Abdul Somad juga menyarankan untuk membangun hotel halal atau syariah. Sehingga, tamu-tamu yang datang bisa dengan tenang untuk menginap.

"Sebenarnya ini tanggungjawab kita bersama, agar dijauhkan dari azab, kita hidup mencari ridho Allah. Jangan gara-gara hawa nafsu, semua main hantam kromo," kata Abdul Somad

Selain di Masjid Baiturrahman, UAS juga dijadwalkan memberikan ceramah di Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Bukan hanya masyarakat Durai saja yang ikut mendengar ceramah UAS, namun masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau juga banyak yang datang.

UAS menyampaikan ceramah di halaman Masjid Besar Nurul Huda Kecamatan Durai, Kamis (13/2/2020) siang. Kegiatan tabligh akbar ini dimulai sekira pukul 14.00 WIB.

"Ada sekitar 2.000 orang yang datang. Bukan cuma orang Durai saja. Tapi banyak juga yang dari Pulau Burung (Kabupaten Inhil)," kata seorang warga Durai, Fadli, kemarin.

Setelah dari Durai, UAS bertolak ke Kecamatan Buru. Di sana UAS memberikan ceramah di Lapangan Sepak Bola Kandis, Kamis malam sebelum kembali bertolak ke Pulau Karimun Besar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews