Detik-detik Evakuasi WNI Wuhan, Tiba di Batam Bersiap Dikarantina ke Natuna

Detik-detik Evakuasi WNI Wuhan, Tiba di Batam Bersiap Dikarantina ke Natuna

Proses evakuasi WNI dari Wuhan China ke pesawat Hercules di Bandara Hang Nadim Batam (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Setelah dievakuasi dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei dengan menggunakan pesawat Batik Air ke Batam, para WNI dipindahkan ke tiga pesawat milik TNI AU. Ketiga pesawat tersebut sebelumnya sudah terparkir di Terminal Cargo Bandara Hang Nadim.

Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD), para petugas berjalan berdampingan dengan mereka. Mereka turun dari pesawat, lalu berjalan sekitar 20 meter ke pesawat lain.

Dari pantauan Batamnews, ada puluhan petugas yang memakai APD bersiap siaga. Para petugas menggunakan APD yang dominan berwarna kuning dan putih, sedangkan ada pula yang memakai APD berwarna hijau dan merah.

Sebelum itu, saat pesawat mendarat, para WNI dari Wuhan tersebut tidak langsung keluar. Ada jeda waktu sekitar 15 menit, pada saat itu petugas dengan seragam APD masuk ke dalam pesawat. Baru setelah kira-kira 15 menit kemudian, para WNI tampak keluar dari pesawat.

Dari keterangan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Batam, Achmad Farchanny menyampaikan pemeriksaan kesehatan para WNI dari Wuhan dilakukan di dalam pesawat.

“Setelah selesai pemeriksaan, maka selanjutnya akan berpindah pesawat untuk berangkat ke Natuna,” ujar Achmad, Sabtu (1/2/2020).

Sehingga hanya WNI yang dalam keadaan sehat baru kemudian diperbolehkan masuk ke dalam pesawat menuju Natuna.

Sementara itu, proses evakuasi tidak dapat diketahui memakan waktu berapa lama. Hal ini dikarenakan otoritas bandara dan kepolisian Kawasan Bandara hanya memberikan waktu cukup singkat, sekitar 45 menit untuk peliputan.

Selanjutnya WNI dari Wuhan yang dalam keadaan sehat akan mengikuti penerbangan ke Natuna. Mereka akan diobservasi selama 14 hari.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews