https://www.batamnews.co.id

7 Ribu Pekerja di Batam Manfaatkan Layanan Periksa Kesehatan Keliling RSBP

Ilustrasi.

Batam - Layanan Mobile Medical Check Up yang diluncurkan Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam mendapat sambutan positif publik sejak diluncurkan pada Januari 2019. 

Kasi Pelayanan Medik sekaligus PIC Mobile medical checkup  RSBP Batam, dr. Ade Fitra mengatakan ada 7 ribu pekerja di Batam yang memanfaatkan layanan ini.

Di Batam, pemeriksaan kesehatan, wajib dilakukan perusahaan kepada karyawannya minimal satu tahun sekali.

Selama ini aktivitas rutin tersebut dinilai banyak membuang waktu lantaran pekerja harus pergi ke rumah sakit atau laboratorium yang memiliki peralatan lengkap. 

Hal ini tentu saja dinilai menghambat operasional perusahaan. Melalui layanan itu, pekerja bisa melakukan pemeriksaan di perusahaan, karena petugas akan datang menggunakan bus khusus yang dilengkapi alat kesehatan. 

"Jadi pemeriksaan rontgen torax, pemeriksaan telinga, pemeriksaan jantung atau EKG dan pemeriksaan laboratiom lainnya bisa dilakukan langsung di tempat tanpa menggangu  aktivitas," kata Ade Fitra, Sabtu (25/1/2020). 

Sistem pemeriksaan dilakukan dengan cara rolling atau bergantian agar pekerja lainnya tetap bisa beraktivitas kerja. Hal ini dinilai akan lebih menguntungkan perusahaan. 

Direktur RSBP Batam dr. Sigit Riyanto mengatakan, layanan ini menjadi satu inovasi layanan medis RSBP dalam memberikn kemudahan dan kenyamanan kepada pelaku usaha.

"Kami terus berupaya mengembangkan pelayanan rumah sakit, baik kelengkapan fasilitas medis, tenaga medis hingga peningkatan pelayanan," ucapnya. 

(das)