Warga Bintan Bisa Urus Administrasi Kependudukan Lewat HP

Warga Bintan Bisa Urus Administrasi Kependudukan Lewat HP

Ilustrasi.

Bintan - Warga Bintan tidak perlu lagi bersusah payah mengurus administrasi kependudukan (adminduk) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan.

Kepala Disdukcapil Bintan, Ismail mengatakan kini memiliki aplikasi pelayanan Adminduk, segala bentuk dokumen kependudukan bisa diurus melalui ponsel pintar atau smartphone.

“Sudah lama kita persiapkan pelayanan adminduk berbasis online ini dan sudah saatnya kita luncurkan agar seluruh warga Bintan dapat mengurus semua surat menyurat kependudukan melalui handphone,” ujar Ismail, kemarin.

Pelayanan berbasis online ini ada berawal saat pihaknya mendengarkan keluh kesah warga ketika mengurus dokumen. Mereka terpaksa cuti dari kerja serta menempuh jarak puluhan kilometer (Km) hanya untuk mengurus E-KTP maupun akta kelahiran.

Lalu lahirlah sebuah inovasi untuk mempermudah pengurusan adminduk bagi warga yaitu pelayanan berbasis online ini. 

"Letak geografis antar kecamatan dan kantor kita sangat berjauhan. Apalagi tempat tinggal warga tidak tertump pada satu titik melainkan menyebar. Maka dengan sistem online ini semuanya bisa jadi lebih mudah,” jelasnya.

Aplikasi ini sedang uji coba dan sosialisasi ke seluruh desa, kelurahan dan kecamatan. Untuk menggunakan pelayanan berbasis online ini warga harus mendownload aplikasi terlebih dulu di smartphone-nya. 

Setelah itu daftarkan diri lalu pilih kepengurusan yang akan dilakukan dan unggah semua persyaratan yang dibutuhkan berbentuk file foto. 

Selanjutnya data pemohon akab diverifikasi Tim Disdukcapil. Setelah semua persyaratan terpenuhi akan segera dicetak dan bisa langsung datang ke kantor Disdukcapil Bintan untuk mengambilnya. Namun harus membawa persayaratan aslinya untuk mengambil surat kependudukan yang telah dicetak. 

“Apabila sudah berjalan, tinggal diakses lalu daftarkan terus ikuti panduan di dalamnya. Ingat, jangan sampai berkas persyaratan yang diunggah bermasalah apalagi palsu,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews