Vihara Duta Maitreya Siapkan 10 Jenis Makanan Vegetarian Saat Imlek

Vihara Duta Maitreya Siapkan 10 Jenis Makanan Vegetarian Saat Imlek

Pimpinan Vihara Duta Maitreya Sei Panas, Pandita Liyas Masri. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Maha Vihara Duta Maitreya, di Sei Panas, Kota Batam menyiapkan 10 jenis makanan vegetarian dalam momen perayan imlek tahun ini tanggal 25 Januari 2020.

Pimpinan pengelola Vihara, Pandita Liyas Masri mengatakan, makanan vegetarian ini akan disajikan pada hari pertama imlek.

Dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB, makanan ini akan tersedia di vihara. “Ada 10 jenis makanan vegetarian,” ujar Liyas.

Ia memperkirakan ada sekitar 35 ribu orang yang akan berkunjung ke vihara pada hari pertama imlek. Oleh sebab itu, makanan vegetarian tersebut akan dibuat dalam 10 jalur.

“Dibuat sistem buffet, ambil sendiri, makanya nanti kami buat 10 jalur, biar tidak menumpuk,” kata dia.

Seperti pada perayaan imlek sebelumnya, pengunjung vihara tidak hanya dari agama Buddha saja, namun juga ada yang dari agama lain, dan tentu akan disajikan makanan vegetarian.

“Mereka biasanya berkunjung untuk silahturahmi,” kata dia.

Selain festival makanan vegetarian, vihara juga akan menyelenggarakan festival dan perayaan Hari Kelahiran Buddha Maitreya pada hari pertama Imlek  jam 9 pagi di lantai 1 Graha Sakyamuni, Maha Vihara Duta Maitreya.  

Pada hari pertama perayaan imlek, Pandita Liyas menyampaikan akan ada perayaan kelahiran Buddha Maitreya sehinnga tidak hanya merayakan imlek saja.

“Sesuai dengan semangat Buddha Maitreya, menebarkan kebahagiaan dan sukacita,” ucapnya.

Festival tersebut berupa kebahagiaan sukacita, harapan baru, kasih sayang, dan kebersamaan. “Semuanya betul-betul produk kami, kesenian kami,” jelasnya.

Perayaan imlek  akan ditutup dengan kesenian Cap Go Meh pada tanggal 8 Februari 2020. Kesenian ini akan dilaksanakan pada malam hari jam 19.30 di halaman Maha Vihara Duta Maitreya.

“Sengaja pada hari ke-15 supaya semuanya yang telah pulang mudik, kembali ke Batam kumpul lagi di vihara,” sebut Pandita Liyas Masri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews