Belajar Seni Budaya Melayu, Mahasiswa Amerika Kunjungi Desa Penarah di Karimun

Belajar Seni Budaya Melayu, Mahasiswa Amerika Kunjungi Desa Penarah di Karimun

Mahasiswa Universitas Taylor bersama Kadis Pariwisata, Camat, Kades dan staff kecamatan dan Desa Penarah (Foto:ist)

Karimun - Sebanyak 20 orang mahasiswa/i dari Universitas Taylor Amerika Serikat, berkunjung ke Desa Penarah, Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (20/1/2020). Bukan hanya sekedar kunjungan, tapi kunjungan mereka untuk belajar seni budaya Melayu.

Selain itu, mereka juga menjalin kerjasama di bidang sosial budaya, ekonomi, pendidikan serta pariwisata dengan pemerintah setempat. Sebagaimana diketahui, kunjungan mahasiswa asal Amerika itu disebut bukan pertama kalinya, tapi sudah dilakukan sejak tahun 2017, 2018 dan 2019.

Camat Belat, Aribowo Hadibroto mengatakan, kedatangan mahasiswa tersebut sudah yang kesekian kalinya.

"Salah satu perwakilan mereka, menyebutkan kalau senang berkunjung karena keramah tamahan masyarakat dan seluruh unsur yang ada. Kedatangan mereka disambut meriah dengan kompang dan acara lainnya," kata Bowo, Selasa (21/1/2020).

Disebutkannya, kehadiran para mahasiswa ke Desa Penarah juga membantu meningkatkan perekonomian di daerah tersebut. Sebab, mereka membeli hasil kerajinan tangan masyarakat, seperti gantungan kunci, hasil kerajinan dari barang bekas, tutup gelas dan lainnya.

"Mereka belajar budaya, dan juga meningkatkan home industri keluarga," ujarnya.

Selain itu, produk unggulan juga menjadi sasaran, yaitu Lome Salai, Sayur Lemak, Sagu Rendang, Gobak, dan jenis kerupuk. "Produk unggulan itu langsung diolah oleh ibu-ibu PKK Desa Penarah," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews