Liga Inggris

Jurgen Klopp: Mustahil Ulangi Dominasi MU di Era Ferguson

Jurgen Klopp: Mustahil Ulangi Dominasi MU di Era Ferguson

Liverpool - Pekan ke-23 Liga Inggris akan bergulir pada Sabtu (18/1/2020). Laga seru tersaji dalam big match antara Liverpool melawan seteru bebuyutan, Manchester United.

Menghadapi MU di Anfield, Liverpool dalam posisi superior. Mereka tak terkalahkan dalam 20 laga dan hanya seri sekali saat bertandang ke Old Trafford, Oktober 2019 lalu.

Banyak pendapat menyebut, superioritas The Reds akan terus berlangsung di bawah tangan dingin pria Jerman, Jurgen Klopp. Bahkan, disebut bakal menyamai kesuksesan Sir Alex Ferguson kala membawa MU mendominasi Liga Inggris dua dekade terakhir.

Namun, lagi-lagi eks pelatih Borussia Dortmund itu pilih merendah. Baginya Klopp adalah Klopp, bukan Ferguson.

"Jujur saja, saya tidak yakin level dominasi mereka itu bisa dicapai lagi," jawab Klopp jelang laga melawan Manchester United dalam lanjutan Premier League, seperti yang dikutip dari Goal International.

"Lebih memungkinkan kalau klub akan bersaing untuk hal yang berbeda, karena adanya kekuatan finansial dari banyak tim," lanjutnya.

"Perubahan yang naik turun ini dari skuat yang kami lihat sekarang, artinya dominasi seperti Liverpool dan United yang pernah miliki sebelumnya, tidak memungkinkan terjadi lagi," tambahnya.

Wajar perbandingan era Klopp dengan Ferguson ini muncul. Bagaimanapun juga, Liverpool benar-benar belum tersentuh musim ini. 

Di sisi lain, Klopp tidak terpengaruh dengan perbandingan tersebut, bahkan mengaku tidak tertarik. Pasalnya, ia merasakan pengalaman sama sewaktu masih menukangi Borussia Dortmund beberapa tahun lalu.

"Apa pun perbandingan yang dibuat, saya hanya akan berpikir soal apa yang akan terjadi setelah karier saya usai. Itu tidak memengaruhi saya sejauh ini, tak memengaruhi pemain," ucap manajer asal Jerman itu.

Sementara itu, komentar bernada sindiran dilontarkan Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Berselisih 27 poin dari Liverpool, Solskjaer menyatakan MU tak ingin seperti The Reds yang puasa gelar Liga Inggris selama 30 tahun.

"Itulah yang tengah kami kerjakan untuk memastikan agar tidak terjadi (puasa gelar panjang Liga Primer Inggris). Biarkan (Liverpool) menjadi pelajaran bagi kami," tutur Solskjaer, sebagaimana dilansir dari Goal.

"Kami tidak bisa membiarkan diri kami bermain selama 24 tahun lagi tanpa memenangkan (titel) liga. Saya percaya pada klub ini. Kami akan sampai di sana (bersaing merebutkan titel)," tegasnya.

Namun demikian, ia mengakui Liverpool saat ini merupakan klub terbaik. "Buktinya ada di klasemen liga. Liverpool telah menjadi tim terbaik di liga. Man City memberi Anda tantangan berbeda dengan apa yang dilakukan Liverpool, dua cara bermain sepak bola yang sangat berbeda," imbuh Solskjaer.

"Saya sudah menang dan kalah di Anfield sebagai pemain, jadi Anda harus menantikan pertandingan seperti ini. Ini adalah tantangan besar bagi para pemain kami untuk bermain melawan pemuncak klasemen," terangnya.

"Kami telah melakukan dengan baik beberapa waktu lalu, tapi bermain tandang di Anfield jadi masalah lain. Anda dapat memastikan Anda menikmatinya tetapi juga bisa menjadi tempat yang menakutkan. Kami harus bersiap sebaik mungkin," pungkas Solskjaer.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews