BMKG Ingatkan Waspada Hujan Lebat Awal Pekan Depan

BMKG Ingatkan Waspada Hujan Lebat Awal Pekan Depan

Ilustrasi.

Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Indonesia akan diguyur curah hujan dengan instensitas lebat dalam sepekan ke depan. 

Beberapa wilayah seperti pulau Jawa, Kalimantan Sulawesi, dan sebagian wilayah di Sumatera diperkirakan akan mengalami hujan lebat selama sepekan. 

Untuk Provinsi Kepulauan Riau, guyuran hujan lebat diperkirakan terjadi mulai 20 - 23 Januari 2020. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono R. Prabowo mengatakan sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif.

Kondisi ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat. 

"Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Yang dapat disertai kilat atau petir," katanya.

Menghadapi kondisi cuaca tersebut, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. 

"Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews