Kenali Wisata Sejarah Kesultanan Melayu, K3S Batam Kunjungi Lingga

Kenali Wisata Sejarah Kesultanan Melayu, K3S Batam Kunjungi Lingga

Rombongan K3S Batam saat berkunjung ke SDN 01 Lingga, salah satu bangunan cagar budaya yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu (Foto:ist)

Lingga - Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Batam, melakukan kunjungan kebudayaan ke Daik Lingga, Jumat (10/1/2020). Kunjungan tersebut tak lain untuk lebih mengenal wisata sejarah di Negeri Bunda Tanah Melayu.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga, Zainal Abidin mengatakan, dalam kunjungannya, rombongan K3S Batam tersebut diketuai oleh Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.

"Jadi kegiatan itu merupakan inisiatif dari salah satu anggota K3S yang juga merupakan warga Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara, Ibu Ria Murti. Kunjungan ini tidak lain untuk dapat lebih mengenal wisata sejarah yang ada di kabupaten Lingga yang merupakan pusat pemerintahan kebesaran Kesultanan Lingga," kata Zainal kepada Batamnews, Senin (13/1/2020).

Ia menjelaskan, kunjungan K3S Batam tersebut dimulai pada Sabtu (11/1/2020). Rombongan mengunjungi SD Negeri 01 Lingga, yang merupakan salah satu benda cagar budaya yang ada di Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga.

Setelah mengunjungi sekolah tertua di Kabupaten Lingga yang dibangun pada tahun 1875 itu, rombongan juga mengunjungi berbagai situs lain yang ada seperti, Istana Damnah, Makam Merah, serta Makam Bukit Cengkeh.

"Selain mengunjungi situs cagar budaya yang ada, rombongan juga menyempatkan diri untuk singgah di Museum Linggam Cahaya untuk melihat koleksi-koleksi yang mempunyai nilai sejarah. Rombongan mengakhiri kegiatan dengan mengunjungi Air Terjun Resun. Selama kegiatan ini berlangsung, kami dari Disparpora dan Dinas Kebudayaan ikut mendampingi," ujarnya.

Zainal berharap, dengan adanya kunjungan tersebut para rombongan dapat menyampaikan informasi ke rekan kerja dan masyarakat Batam umumnya bahwa Kabupaten Lingga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menariknya dengan tempat lainnya di Kepulauan Riau. Baik itu wisata sejarah maupun wisata alam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews