Disnaker Batam Buka 559 Kuota Pelatihan Kerja untuk Pencaker

Disnaker Batam Buka 559 Kuota Pelatihan Kerja untuk Pencaker

Kadisnaker Batam, Rudi Sakyakirti. (Foto: Batamnews)

Batam - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam membuka kesempatan pelatihan kerja untuk para pencari kerja (pencaker) tahun ini. Pelatihan akan dibuka 25 Januari mendatang.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, pelatihan yang akan diberikan berupa pendidikan dasar yang bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan.

"Ada 559 kuota yang disediakan. Nanti pelamar bisa memilih berdasarkan minat mereka dan jenis pekerjaan yang ingin mereka lamar," ujar Rudi, Jumat (10/1/2019).

Rudi menjelaskan pelatihan pencaker ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing untuk mendapatkan pekerjaan. Pelatihan ini khusus bagi pencaker yang berdomisili di Batam.

"Memang peruntukkannya bagi pencaker lokal. Ini bentuk perhatian pemerintah terhadap angka pencari kerja yang setiap tahun meningkat," jelasnya.

Rudi menyebutkan setiap tahun lebih dari 41 ribu pencaker terdaftar di Disnaker. Namun hanya 35 ribu pencaker yang terserap karena lowongan pekerjaan yang terbatas.

"Minimnya daya serap ini karena pencaker masih tidak memiliki keahlian dan baru tamat sekolah. Untuk itu perlu adanya pembekalan bagi calon pekerja ini," katanya.

Dan terkait bentuk pelatihan, Ia mengatakan akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan di Batam. Agar pencaker dapat diserap lebih banyak lagi.

Selain pelatihan pendidikan dasar, Disnaker juga membuka pendaftaran bagi 150 peserta magang ke Jepang.

Kota Batam masih menjadi satu-satunya yang membuka pendaftaran magang ke Jepang.

"Tahun lalu sudah jalan pelatihannya. Mereka yang sudah lolos, setelah itu akan diberangkatkan," ucapnya.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews