Tinggi Peminat, 200 Warga Batam Ikut Seleksi Magang ke Jepang

Tinggi Peminat, 200 Warga Batam Ikut Seleksi Magang ke Jepang

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti.

Batam - Program magang ke Jepang cukup diminati oleh warga Batam. Terbukti sampai pendaftaran ditutup pada tanggal 31 Juli 2019 lalu, terdapat sekitar 200 orang yang mendaftar. 

“Sudah daftar lebih kurang 200 orang. Tapi ada surat-surat yang belum lengkap. Seperti SKCK mati, kartu kuning mati. Jadi kita telepon satu-satu untuk minta mereka perbaiki, diperbarui,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Senin (5/8/2019).

Menurut Rudi, Batam satu-satunya daerah tingkat dua yang ditunjuk sebagai lokasi rekrutmen. Di daerah lain, rekrutmen dilakukan di tingkat provinsi.

“Pemprov Kepri kemarin sudah lakukan proses rekrutmen dan yang lulus hanya 17 orang. Biasanya (rekrutmen) memang dilakukan oleh Pemprov, tapi Batam mendapat khusus,” ujarnya.

Ia menjelaskan pemagangan ke Jepang ini merupakan kegiatan Kementerian Tenaga Kerja RI. Pemerintah daerah hanya ditugaskan untuk merekrut calon peserta magang.

Rudi mengatakan tidak ada pembatasan kuota untuk peserta magang ini. Namun Kemenaker menargetkan pemagang dari Batam minimal berjumlah 30 orang. 

“Setelah seleksi administrasi nanti mereka akan mengikuti tes. Tesnya di Batam. Rencananya September mendatang. Yang tes dari Kementerian dan alumni pemagang Jepang,” kata dia.

Nantinya pemagang yang lulus tes akan ditempatkan sesuai dengan latar pendidikannya serta sertifikasi yang dimiliki. Program magang ini mencakup hampir semua sektor. 

“Misal lulusan SMK teknik mesin, sektornya nanti di bidang yang sama,” jelasnya. 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews