7 Manfaat Kesehatan Dibalik Jantung Pisang

7 Manfaat Kesehatan Dibalik Jantung Pisang

Jantung pisang (Foto:ist/harapanrakyat)

Jakarta - Jantung pisang bukan berarti bagian dalam batang pisang. Jantung pisang merujuk pada bunga pisang, si cikal bakal buah pisang. Di Indonesia, jantung pisang diolah menjadi lauk kawan bersantap nasi semisal diolah jadi sayur lodeh santan atau tumis.

Namun kenyataannya, manfaat jantung pisang bukan hanya untuk santapan, tapi juga untuk kesehatan. Anda bisa memperoleh manfaat jantung pisang mulai dari mengatasi infeksi hingga pencernaan makin sehat.

1. Baik untuk pasien diabetes dan anemia

Pasien diabetes sebaiknya mempertimbangkan konsumsi jantung pisang. Konsumsi jantung pisang rebus bisa menurunkan kadar gula darah. Kandungan zat besi pada jantung pisang bisa membantu produksi sel darah merah sehingga mengatasi anemia.

Anda bisa mengolah jantung pisang jadi sayur tumis atau camilan teman makan nasi.

2. Pompa produksi ASI

Menyusui sering jadi tantangan tersendiri buat ibu baru. Produksi ASI rasanya kurang, padahal bayi butuh makan. Jantung pisang bisa diandalkan ibu untuk memompa produksi ASI. Jantung pisang bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau ditumis sebagai sayur.

3. Lawan radikal bebas

Radikal bebas bisa menimbulkan masalah serius. Beruntung jantung pisang mengandung ekstrak metanol yang bertindak sebagai antioksidan.

Radikal bebas bisa diatasi maka tubuh jauh dari aneka masalah kesehatan termasuk kanker. Anda bisa memperoleh manfaat ini dengan mengonsumsi sayur jantung pisang.

4. Memperlambat penuaan dini

Selain pemakaian produk perawatan kulit, memperlambat penuaan dini juga bisa dilakukan dengan konsumsi jantung pisang. Baik ditumis atau diolah sebagai sayur berkuah, jantung pisang bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kemunculan tanda penuaan dini.

Jantung pisang kaya akan vitamin C dan komponen lain seperti tanin, flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan.

5. Menyehatkan jantung

Seperti halnya buah pisang, jantung pisang pun banyak mengandung potasium. Potasium mampu bertindak sebagai antidot sodium. Konsumsi jantung pisang lewat olahan pangan apapun jadi cara alami untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah stabil, Anda pun jauh dari risiko penyakit jantung hingga stroke.

6. Kurangi sakit saat haid

Rasa sakit saat atau jelang haid kadang sangat menyiksa bahkan menghambat aktivitas. Ada pula sebagian perempuan yang harus mengalami siklus haid yang tak teratur. Ini akibat kekurangan kadar hormon progesteron.

Sebelum menambatkan solusi pada obat-obatan kimia, ada baiknya menyantap secangkir jantung pisang yang sudah dimasak. Jantung pisang bisa membantu meningkatkan produksi hormon dan menyeimbangkan hormon lain di tubuh. Menstruasi pun bisa teratur dan jauh dari rasa sakit menyiksa.

7. Pencernaan sehat

Buat mereka yang kerap mengalami masalah pencernaan misalnya, rasa tak nyaman pada perut, konstipasi, cukup konsumsi jantung pisang. Jantung pisang mengandung serat larut air dan serat tidak larut air sekaligus. Kedua serat masing-masing punya peran berbeda tetapi bisa didapat dari olahan makanan berbahan jantung pisang.

Serat larut air mempercepat pencernaan sedangkan serat tidak larut air mengurangi konstipasi.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews