Pemko Batam dapat Anggaran Pusat Atasi Banjir di Jalan Nasional

Pemko Batam dapat Anggaran Pusat Atasi Banjir di Jalan Nasional

Banjir.

Batam - Banjir di ruas jalan nasional di Kota Batam menjadi perhatian pemerintah pusat. Pemko Batam melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) diberi kucuran anggaran mengatasi persoalan itu tahun ini.

Kendati tidak merinci besaran dan sumber alokasi anggaran pusat itu, Kepala Dinas BM-SDA, Yumasnur mengatakan, pengerjaan fokus pada pengentasan persoalan banjir yang selalu terjadi di ruas jalan nasional, seperti di depan kawasan industri Panbil.

Baca juga: Banjir Panbil Diduga Akibat Drainase Tersumbat

Bahkan beberapa waktu lalu, ruas jalan tersebut terendam banjir dan sempat viral membuat kendaraan sulit untuk melintas. "Jadi tahun ini akan ada bangunan pelintas untuk mengatasi banjir," ujar, Yumasnur, Selasa (7/1/2020).

Selain itu ada juga pengerjaan bangunan pelintas air seperti box culvert dan gorong-gorong di Putri Tujuh, Simpang Makam Pahlawan Batu Aji, Simpang Tobing Paradise pada tahun ini.

"Lalu ada juga bangunan pelintas di depan kawasan industri taiwan, ini merupakan proyek pemerintah provinsi," ucapnya.

Untuk pembangunan jalan, tahun ini dikatakannya tidak ada, namun akan dilanjutkan pada tahun depan.

Baca juga: Hujan Sejam, Kawasan Panbil Terendam Banjir

Yumasnur mengatakan bahwa tahun ini hanya difokuskan pada reservasi dan pemeliharaan jalan yang sudah dikerjakan tahun lalu.  "Perbaikan jalan rusak, seperti ruas jalan di bundaran madani, dan saat ini lagi yang lain sedang didata," kata dia.

"Jadi itulah beberapa pengerjaan untuk atasi banjir. Mudah-mudahan dengan adanya pengerjaan ini bisa menekan banjir di ruas jalan nasional tersebut," bebernya.

 

(ret)
Komentar Via Facebook :