https://www.batamnews.co.id

Puing Pesawat di Pulau Reunion Dipastikan Potongan MH370

Puing pesawat yang ditemukan di Pulau Reunion, Prancis. (foto: okezone)

BATAMNEWS.CO.ID, Kualalumpur - Hasil penelitian puing pesawat yang baru saja ditemukan sudah keluar. Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak memastikan bahwa puing yang ditemukan di Pulau Reunion, Prancis adalah bagian dari Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang satu tahun lalu.

PM Najib mengatakan, para ahli yang meneliti potongan itu membuat kesimpulan meyakinkan bahwa benda tersebut adalah bagian dari pesawat yang membawa 239 penumpang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada Maret 2014.

Kepastian itu didapat setelah dilakukan penelitian di sebuah pusat pengujian aeronotika di dekat Kota Toulouse, Prancis.

"Hari ini, tepatnya 515 hari setelah pesawat hilang, dengan berat hati saya harus memberitahukan kepada Anda bahwa tim ahli internasional secara meyakinkan mengukuhkan bahwa puing pesawat yang ditemukan di Pulau Reunion benar berasal dari MH370,” kata PM Najib, seperti diberitakan BBC, Kamis (6/8/2015).  

"Sekarang kita mempunyai bukti fisik, sebagaimana diumumkan pada 24 Maret tahun lalu bahwa penerbangan MH370 secara tragis berakhir di Samudra Hindia bagian selatan," sambungnya.

PM Najib menambahkan, Pemerintah Malaysia bertekad mencari tahu kebenaran tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan pesawat jenis Boeing 777 tersebut.

Jaksa Prancis Serge Mackowiak memastikan potongan sayap, yang dikenal dengan nama flaperon, memang berasal dari Boeing 777 yang sama jenisnya dengan Pesawat Malaysia Airlines MH370.

(ind/okz)