Pemprov Kepri Suntik Anggaran Proyek Gurindam 12 Rp 214 M

Pemprov Kepri Suntik Anggaran Proyek Gurindam 12 Rp 214 M

Lokasi proyek Gurindam 12 di Tepi Laut Tanjungpinang. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Progres pengerjaan fisik proyek Gurindam 12 (G-12) di Tepi Laut, Kota Tanjungpinang hingga akhir tahun 2019 baru mencapai 45,07 persen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PU Provinsi Kepri Rodi Yantari mengatakan, capaian itu bagian dari keseluruhan bukan per item.

"Sebab proyek ini terbagi-bagi," kata Rodi di Tanjungpinang, Kamis (2/01/2020).

Dia mencontohkan untuk pekerjaan pemancangan tiang pancang jembatan seluruh yang panjangnya sepanjang 650 meter sudah selesai 100 persen.

Sedangkan untuk pekerjaan Sheetpile beton pada Zona 2A sudah selesai dan mencapai 80 persen, dan pekerjaan Sheetpile baja pada zona Tunjuk Langit sudah selesai 53 persen.

Rodi juga menambahkan, untuk pekerjaan pas batu kosong yang sudah selesai mencapai 80 persen, sedangkan untuk pekerjaan tiang pondasi jembatan sudah selesai 44 unit dari 76 unit atau baru mencapai 56 persen.

"Kami juga dalam pekerjaan timbunan pasir sudah selesai 60 persen, dan untuk pekerjaan timbunan biasa sudah selesai 50 persen. Itu pekerjaan di tahun 2019 dan akan dilanjutkan di tahun 2020 ini," ujarnya. 

Rodi menambahkan, bahwa target pekerjaan di tahun 2020 ini, dengan pagu anggaran yang telah ditetapkan sebesar Rp 214 miliar. 

Baca: Pemprov Kepri Optimis Proyek Gurindam12 Selesai Sesuai Target

Dimana anggaran itu akan meneruskan dan menyelesaikan pekerjaan yang sudah dikerjakan tahun 2019 lalu.

Adapun pekerjaan 2020 diantaranya penyelesaian landscape dan finishing unuk zona 1A. Untuk zona 1 A ini berada di depan Gedung Daerah.

"Untuk penyelesaian pondasi jembatan dan dilanjutkan dengan pekerjaan lantai jembatan di rencanakan bulan ke-6 tahun 2020 nanti, jembatan ini sudah selesai 100 persen," ujarnya.

Selanjutnya untuk lanjutan pekerjaan jalan pendekat atau causway menuju jembatan sepanjang 550 meter, dimana dari arah Lantamal/Batu Hitam - Jembatan.

Untuk pekerjaan ini nantunya dengan struktur pasangan batu kosong denga penimbunan pasir laut dan timbunan tanah urug.

"Kita juga akan menyelesaikan pekerjaan lanscape dan finishing pada zona tunjuk langit atau di lokasi 2A," katanya. 

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews