Miris Laut Kepri Dijarah Nelayan Asing, Plt Gubernur Kepri `Kangen` Susi

Miris Laut Kepri Dijarah Nelayan Asing, Plt Gubernur Kepri `Kangen` Susi

Susi Pudjiastuti.

Tanjungpinang - Video viral terkait kembali maraknya aktivitas nelayan asing di perairan Natuna menangkap ikan ilegal menjadi sorotan Plt Gubenur Kepri, Isdianto.

Ia meminta Menteri Keluatan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo melanjutkan kebijakan mantan Menteri KKP Susi Puji Astuti, yakni penenggelam kapal pencuri ikan.

"Saya kira bila kebijakan penenggelaman kapal diteruskan, maka akan ada efek jera bagi kapal-kapal pencuri ikan dari negara luar itu," kata Isdianto usai rapat di Kantornya di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (31/12/2019).

Selama kebijakan Susi itu diberlakukan selama ini, pencurian ikan di laut Kepri, khususnya di laut Natuna dan Anambas diakui Isdianto sangat minim bahkan nyaris tidak ada.

"Kalau pun ada yang nekat nelayan luar itu mencuri ikan, pasti terpantau oleh pihak keamanan dan selanjutnya dilakukan penangkapan. Selama kebijakan itu berlaku, nelayan lokal di Natuna tangkapan ikannya melimpah. Walau memang alat tangkap nelayan kita masih jauh kalah dengan nelayan luar," sebutnya.

Dengan maraknya lagi kapal-kapal nelayan luar mencuri ikan di Laut Natuna, Isdianto meminta agar pihak keamanan terkait meningkatkan pengamanan di perairan Kepri, khususnya Natuna.

"Saya meminta seluruh intansi terkait. Khususnya pengamanan di laut untuk ditingkatkan lagi," tegasnya.

Disinggung terkait dengan pergantian Menteri KKP dan adanya perubahan kebijakan, Isdianto enggan membandingkan gaya Susi dan Edhy Prabowo dalam mengambil kebijakan.

"Semua baik, Bu Susi baik dan saat ini dijabat Pak Edhy juga baik. Kan Pak Edhy baru beberapa bulan sehingga mungkin masih perlu adaptasi," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews