Susu Kental Manis Tak Baik Untuk Anak, Bisa Bikin Gigi Rontok

Susu Kental Manis Tak Baik Untuk Anak, Bisa Bikin Gigi Rontok

Ilustrasi

Jakarta - Susu kental manis (SKM) memang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak. Tak hanya mempunyai kandungan gula yang tinggi dan berbahaya bagi kesehatan, SKM juga bisa membuat gigi anak jadi rontok.

Menurut ketua Bidang Kesahatan Pimpinan Pusat Muslimat NU (Nahdlatul Ulama), dr Erna Yulia Sofihara, akar gigi anak yang masih lemah akan sangat rentan bila terkena kandungan gula pada SKM yang tinggi.

"Karena efek gula itu kan tanggal semua giginya, karena ada proses kimiawi antara kalsium yang ada di gigi dengan zat-zat yang ada di kandungan gula itu bereaksi merontokan gigi. Nah itu akibat gula," kata dr Erna saat ditemui, pada Kamis (26/12/2019).

dr Erna juga menjelaskan gigi yang rontok juga akan berpengaruh pada pencernaan anak, karena makanan yang dikunyah tak akan jadi halus. Meski begitu, pada usia 7 tahun gigi akan mulai tumbuh kembali, tetapi kemungkinan gigi yang tumbuh akan jadi kurang bagus.

"Kalau si akar strukturnya rusak karena gula itu, nanti pas tumbuh ada yang gingsul lah, berantakan nggak beraturan gitu," tuturnya.

(*)