Melihat Persiapan Gereja Santo Petrus Batam Sambut Natal

Melihat Persiapan Gereja Santo Petrus Batam Sambut Natal

Ruangan peribadatan Gereja Katolik Santo Petrus yang sudah bersiap menggelar Misa Natal, malam nanti. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Perayaan Natal 2019 tinggal sehari lagi. Umat Kristiani di Batam, Kepulauan Riau menyambutnya dengan penuh suka cita.

Sejumlah gereja di Batam sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menggelar Misa Natal pada Selasa (24/12/2019). Seperti halnya yang terlihat di salah satu gereja terbesar di Batam, Gereja Katolik Santo Petrus di Lubuk Baja.

Dari pantauan Batamnews, segala bentuk pernak pernik menyambut Hari Natal sudah terpasang di tiap sudut gereja.

Di halaman gereja, terlihat deretan kursi plastik lengkap dengan tenda yang terpasang sudah siap digunakan untuk beribadah jemaat.

Spanduk ucapan Natal dari beberapa pejabat pun sudah terpasang di sana. Pengamanan pun juga sudah terlihat.

Tenda dan kursi sudah terpasang rapi di halaman Gereja Katolik Santo Petrus, Lubuk Baja, Batam.

Kordinator Keamanan Gereja Katolik Santo Petrus Ardianus yang ditemui di lokasi mengatakan jumlah jemaat yang akan mengikuti Misa Natal malam nanti diperkirakan mencapai dua kali lipat pada hari biasa.

“Ada sekitar 3.000 jemaat akan yang hadir, tapi kalau cuacanya bagus, biasanya bisa lebih banyak lagi,” kata Ardi.

Ardi menjelaskan, biasanya di gereja tersebut hanya menampung 1.500 jemaat dan itu hanya digunakan di bagian dalam saja. 

Sedangkan untuk pengamanan, Ardi mengaku saat ini semuanya sudah steril dan umat Kristen dijamin bakal aman melaksanakan ibadah.

“Nanti jam 7 itu sudah ramai, kalau mau datang ke gereja kalau bisa dari jam 5 sore sudah datang,” ucapnya.

Baca: Kapolresta Barelang Jamin Perayaan Natal di Batam Aman

Gereja Katolik Santo Petrus juga menjadi salah satu dari 42 gereja yang menjadi skala prioritas pengamanan Polresta Barelang saat perayaan Natal. Pengamanan prioritas itu dilaksanakan karena gereja tersebut memiliki jumlah jemaat di atas 500 orang.

Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo R Purboyo mengatakan, 42 gereja yang menjadi prioritas itu total keseluruhan dari 223 gereja yang ada di Batam.

“Personel Polri dibantu TNI dan masyarakat serta instansi terkait ikut kami libatkan untuk menjaga keamanan di Kota Batam,” ujarnya, Senin (23/12/2019) siang.

(ude)

Berita Terkait