Banser Batam Bantu Pengamanan Ibadah Natal

Banser Batam Bantu Pengamanan Ibadah Natal

Ilustrasi. (Foto: Liputan6)

Batam - Perayaan Natal di berbagai daerah Indonesia tak luput dari kiprah Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang membantu mengamankan jalannya ibadah umat Kristiani.

Termasuk di Batam, badan otonom NU dari GP Ansor ini juga akan terlibat dalam pengamanan perayaan Natal.

Ketua Satkorwil Banser Kepri, Nuryanto mengatakan keterlibatan Banser dalam pengamanan Natal di Batam dikoordinir oleh Satuan koordinasi cabang (satkorcan) Banser Batam bersama Ansor Batam.

“Ada permintaan dari Gempita, yang disampaikan ke Satkorcab Banser Batam,” ujar Nuryanto kepada Batamnews, Senin (23/12/2019). 

Gempita merupakan kependekan dari Generasi Merah Putih Cinta Tanah Air, sebuah organisasi kemasyarakatan yang diketuai oleh Pendeta Hani Andreas dari GBI Tabgha. 

Dari permintaan tersebut kemudian diteruskan ke Satkorwil Banser Kepri, secara teknis kata Nuryanto para personel sudah dipersiapkan. 

“Para personil sudah dipersiapkan,” katanya.

Namun sebelum turun pada saat pengamanan nantinya, Ia sudah mengimbau agar Satkorcab Banser Batam dan Ansor Batam berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Koordinasi dulu, biar tidak miskomunikasi,” sebutnya.

Pengawalan ibadah yang dilakukan oleh Banser masih dikonfirmasi dari Satkorcab Batam. Untuk Kepri secara menyeluruh Nuryanto menyebutkan belum ada upaya tersebut. Hal itu dikarenakan belum ada instruksi dari Banser pusat. 

“Sampai saat ini belum ada instruksi atau keputusan dari Banser pusat, jika ada kami akan koordinasi dengan pihak kepolisian,” katanya.

(ret)