Nama Ikon Kota Batam Punya Sejarah, Ardiwinata: Tour Guide Harus Bisa Cerita ke Turis

Nama Ikon Kota Batam Punya Sejarah, Ardiwinata: Tour Guide Harus Bisa Cerita ke Turis

Dataran Engku Hamidah di kawasan Batam Centre yang menjadi ikon baru Kota Batam. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam - Kota Batam kini tengah bermetamorfosa dari kota industri menuju kota pariwisata. Sejumlah infrastruktur pendukung dibangun pemerintah untuk menarik datangnya wisatawan.

Tak hanya merevitalisasi infrastruktur lama, Pemko Batam juga membuat destinasi baru yang belakangan menjadi ikon pariwisata Batam. Nama-nama yang digunakan pun kental dengan nuansa Melayu ataupun menggunakan nama-nama tokoh.

Seperti Dataran Engku Hamidah, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Rumah Susun Limas, Komplek Makam Nong Isa hingga Dataran Langlang Laut di Pulau Belakangpadang. 

Namun demikian, tak banyak wisatawan atau bahkan warga Batam yang tahu akan sejarah di balik penamaan destinasi wisata itu.

Kini, Peko Batam menyusun cerita di balik setiap ikon kota, untuk menambah daya tarik wisatawan mancanegara dan domestik yang berkunjung ke kota kepulauan itu.

"Ceritanya sedang disusun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melibatkan LAM dan tokoh-tokoh yang mengetahui sejarah kota," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata di Batam, Kepulauan Riau, Kamis, (19/12/2019). 

Bila ada cerita di balik setiap tempat destinasi wisata itu, maka akan lebih memberikan arti. Jika ada arti, maka nanti para pelancong tidak hanya mengabadikan gambar.

"Karena kalau tempat kunjungan dilengkapi cerita, ketika pelancong 'selfi', melihat latar belakang, arti tempat itu, maka akan menambah makna objek yang difoto," jelasnya. 

Baca: Menguak Asal Muasal Nama Batam, Ternyata Begini Ceritanya

Seperti Dataran Engku Hamidah yang kini dilengkapi papan nama berwarna-warni misalnya. Ardi percaya, bila dilengkapi cerita sejarah terkait Engku Hamidah, maka akan lebih menarik.

Bila sudah tersusun, maka cerita mengenai ikon kota itu akan diserahkan kepada pemandu wisata untuk diceritakan kembali kepada turis yang datang.

"Seperti Engku Hamidah, siapa itu Engku Hamidah, kenapa jadi ikon. Kami sedang menyusun ceritanya sebagai bahan 'tour guide', sehingga enak menjelaskan," kata dia.

Ikon wisata Engku Hamidah juga baru diresmikan, terletak di depan Edukits, Batam Centre. Dataran tersebut juga sudah dihiasi lampu hias yang dipastikan akan menarik keinginan siapapun berswafoto di lokasi tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews