Menguak Asal Muasal Nama Batam, Ternyata Begini Ceritanya

Menguak Asal Muasal Nama Batam, Ternyata Begini Ceritanya

Landmark Kota Batam "Welcome to Batam" (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Batam adalah salah satu nama kota di Provinsi Kepulauan Riau. Letakkan lebih dekat ke Singapura dan Malaysia. Lantas dari mana asal usul nama Batam?

Ada tiga versi yang berusaha menjelaskan asal nama kota Batam, meskipun belum terbukti secara ilmiah, namun kisahnya cukup menarik.
Kisah pertama dituturkan oleh Abdul Razak melalui buku "Patahnya Gunung Daik". Menurutnya, kata 'Batam' merupakan akronim dari nama Batu Ampar, salah satu nama wilayah di Batam. 

Pendapat Abdul Razak ini berdasarkan salah satu hikayat rakyat melayu tentang sejarah nama Batu Ampar yang berasal dari lemparan batu si Badang. 

Baca juga:

3 Hotel Murah di Batam dengan Pemandangan Pantai

Rahasia Istri Akhir Pekan Pria Singapura di Batam

 

Konon kabarnya, batu itu jatuh di bagian utara sebuah pulau yang sekarang dinamai Batam.

Kisah yang kedua menceritakan bahwa nama Batam berasal dari kata 'batang'. Konon katanya, tanah Semenjung sangat labil ketika tercipta sehingga mudah terbuai ketika dihembus angin selatan yang kencang.

Dewa Semenanjung pun meletakkan berbagai batang kayu yang masih berumbi di belakang Semenanjung Selatan demi melindungi tanah tersebut. 

Versi penamaan ‘Batam’ lainnya, dikisahkan dalam hikayat “Dari Nongsa ke Pulau Terong,” yang ditulis Abdul Basyid dan Raja Erwan. Versi ini menyebut, kata ‘Batam’ berasal dari kata pelanduk putih. 

Hikayat itu bermula dari sepasang suami istri Bujang Jenali dan Siti Janilun. Keduanya hidup di kampung sebelah Utara, yang kini bernama Batam.

Konon sebelum bernama Batam, pulau ini disebut dengan nama Pulau Pelanduk Putih. 

Menurut cerita, Siti Jamilun meminta suaminya mencarikan pelanduk berbulu hitam atau kelabu, bukan berbulu putih seperti biasanya.

Baca juga:

McDermott Panggil Lagi Ribuan Karyawan yang Kena PHK

Rahasia Istri Akhir Pekan Pria Singapura di Batam

(deb)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews