Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Beli Ponsel Android Baru

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Beli Ponsel Android Baru

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Buat Anda yang mengincar ponsel Android baru dalam waktu dekat, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum membelinya.

Dilansir dari Android Pit, berikut lima hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli smartphone Android:

1. Jenis smartphone apa yang dibutuhkan

Sebelum memilih, pengguna harus menemukan prioritas dalam penggunaan smartphone. Jika pengguna hanya menggunakan ponsel untuk mengirim pesan dan mengunggah foto atau video ke jejaring sosial, pengguna tidak perlu membeli smartphone seharga puluhan juta rupiah.

Sementara jika pengguna adalah seorang gamer, pengguna sebaiknya mencari smartphone yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 5,5 juta ke atas demi mendapatkan pengalaman bermain game yang lancar.

2. Desain dan fungsionalitas

Dalam memilih smartphone baru, selera pribadi adalah titik keputusan utama, baik dari segi perangkat lunak dan penampilan luar.

Beberapa pengguna mungkin lebih suka desain perangkat yang bulat, sedangkan lainnya menyukai tampilan yang lebih kuat dengan tepi logam.

Tapi, Anda juga harus memperhatikan fungsionalitas. Meski menampilkan desain keren, tapi beberapa perangkat saat ini tidak mendukung kartu microSD atau jack headphone.

Sehingga sebelum membeli, periksa fungsionalitas perangkat untuk memastikan pengguna akan dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

3. Prosesor, RAM, dan penyimpanan

Prosesor disebut sebagai otak perangkat secara keseluruhan. Ada banyak produsen prosesor saat ini, baik pemasok seperrti Qualcomm atau vendor smartphone yang membuat prosesornya sendiri seperti Samsung dan Huawei.

Di sisi lain, pengguna juga harus mempertimbangkan kapasitas RAM yang digunakan. Jika Anda adalah seorang gamer, mungkin akan membutuhkan RAM yang lebih besar untuk menampung pembaruan game yang tersedia.

Namun, jika hanya menggunakan jejaring media sosial, RAM sebesar 3 GB atau 4 GB akan lebih dari cukup.

Kapasitas penyimpanan internal perangkat juga sangat penting, terlebih jika slot SIM card digabung dengan kartu microSD. Beberapa perangkat kekinian telah menawarkan penyimpanan hingga 256 GB.

4. Daya tahan baterai

Daya tahan baterai adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone baru.

Perlu diingat bahwa jumlah mAh yang lebih tinggi bukan berarti semakin lama daya tahan atau siklus hidup baterai.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai. Sebagai contoh adalah layar dengan resolusi tinggi akan menggunakan lebih banyak daya, sementara prosesor terbaru akan mengoptimalkan masa pakai baterai. Untuk membandingkannya, pengguna dapat melihat hasil benchmark.

5. Kualitas kamera

Para produsen smartphone tampaknya kini mulai lebih memperhatikan kualitas dan fitur kamera. Mulai dari jumlah MP, fokus otomatis hibrida, stabilisasi optik, mode manual, fitur selfie khusus, hingga efek khusus membuat smartphone hampir mirip seperti kamera digital.

Besaran MP tidak menjamin kualitas gambar. Yang terpenting adalah pengguna harus mempertimbangkan jenis sensor terintegrasi, kualitas dan bukaan lensa, serta ukuran piksel.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews