10 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes

10 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes

Ilustrasi

Jakarta - Semangka dikenal sebagai buah kaya air yang menyegarkan. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Hal pertama yang terbesit dalam pikiran tentang nutrisi semangka adalah daging buahnya yang manis dan menyegarkan. Namun, Anda juga bisa mendapatkan manfaat semangka dari bijinya.

Banyak orang membuang biji saat mengonsumsi buah semangka. Bahkan sudah banyak varietas semangka yang dikembangkan tanpa biji. Padahal, biji semangka bisa dikonsumsi dan mengandung sejumlah mineral bermanfaat. Biji semangka rendah kalori dan padat nutrisi. Biji ini merupakan sumber protein, magnesium, seng, folat dan nutrisi lainnya.

Cara mengonsumsi biji semangka serupa dengan mengonsumsi biji labu dan biji bunga matahari. Anda bisa menyisihkan biji semangka, mengeringkannya, dan mengonsumsinya seperti kuaci sebagai camilan atau tambahan makanan. Tak perlu khawatir tentang mitos yang beredar, biji semangka tidak akan menyebabkan semangka tumbuh di dalam perut.

Berikut manfaat biji semangka dilansir dari Liputan6.com yang rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/12/2019).

1. Bantu turunkan berat badan

Biji semangka bisa menjadi makanan diet terbaik untuk menurunkan berat badan. 1/3 cangkir biji semangka yang sudah dikeringkan memiliki 8 gram protein, 3 gram karbohidrat bersih, 13 gram lemak dan hanya 150 kalori. Protein dalam biji semangka dapat membantu penurunan berat badan lebih mudah. Protein ini membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

2. Sehatkan kulit

Dikemas dengan seng, magnesium, dan antioksidan, biji semangka menyehatkan kulit dan dapat memperlambat penuaan. Seng dapat membantu melindungi dari jerawat. Magnesium juga bermanfaat bagi kulit dalam sintesis DNA dan RNA yang mencegah penuaan. Protein dalam biji semangka akan membuat kulit tetap muda dan bercahaya. Nutrisi ini membantu produksi kolagen, mendorong pertumbuhan jaringan baru dan mendukung perbaikan jaringan.

3. Kaya magnesium

Salah satu dari beberapa mineral yang ditemukan dalam biji semangka adalah magnesium. Dalam porsi 4 gram biji semangka, terdapat 21 mg magnesium, yang merupakan 5 persen dari nilai harian kebutuhan tubuh. Magnesium sangat penting untuk banyak fungsi metabolisme tubuh. Magnesium juga diperlukan untuk menjaga fungsi saraf dan otot, serta kekebalan tubuh, jantung, dan kesehatan tulang.

4. Dukung kekebalan tubuh

Biji semangka, terutama yang dipanggang, dikemas dengan zat besi, vitamin B dan mineral yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Magnesium memiliki hubungan yang kuat dengan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan magnesium dikaitkan dengan gangguan fungsi kekebalan tubuh. Magnesium juga memainkan peran perlindungan dalam reaksi alergi.

5. Cegah penyakit jantung

Biji semangka kaya akan mineral dan elektrolit yang meningkatkan kesehatan jantung. Kalium dalam biji semangka embantu menjaga cairan dan volume darah, mengatur tekanan darah dan melindungi terhadap stroke dan penyakit jantung. Magnesium, nutrisi kunci lain dalam biji semangka, mencegah kehilangan kalium dan mendukung fungsi jantung.

Magnesium juga membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap gangguan kardiovaskular, seperti aterosklerosis, aritmia ventrikel, dan kematian jantung mendadak.

6. Atasi diabetes

Magnesium dalam biji semangka juga dapat meningkatkan kontrol glikemik dan mengurangi risiko diabetes. Orang dengan kadar magnesium rendah dikaitkan dengan risiko diabetes yang tinggi. Ekstrak biji dianggap antidiabetik, mengingat kemampuannya untuk menurunkan kadar glukosa plasma.

Biji semangka mengandung asam lemak omega-6 yang dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Seng juga berperan dalam pengendalian diabetes. Seng memiliki efek menguntungkan pada kontrol glikemik. Mineral ini juga penting dalam aksi insulin dan metabolisme karbohidrat.

7. Kaya zat besi

Segenggam biji semangka mengandung sekitar 0,29 mg zat besi, atau sekitar 1,6 persen dari nilai harian kebutuhan tubuh. Zat besi adalah komponen penting dari tubuh mengubah kalori menjadi energi. Mengonsumsi cukup zat besi dapat mencegah timbulnya gejala anemia seperti lelah, letih, dan lesu.

8. Kaya seng

Biji semangka juga merupakan sumber seng yang baik. Satu ons biji semangka memberikan sekitar 26 persen dari nilai harian. Seng adalah nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Seng juga diperlukan untuk sistem pencernaan dan saraf tubuh, pertumbuhan kembali dan pembelahan sel, serta indera pengecap dan penciuman.

9. Tingkatkan Kesuburan Pria

Seng dalam biji semangka penting untuk sistem reproduksi pria. Menurut sebuah penelitian di Cina, suplementasi seng secara signifikan dapat meningkatkan kualitas sperma pria infertil. Seng memainkan peran utama dalam sistem reproduksi pria karena mereka menunjukkan aktivitas tinggi di tingkat molekuler. Kekurangan seng pada pria dapat menganggu kesuburan pria. Selain itu, biji semangka juga merupakan sumber mangan yang baik. Mangan juga penting untuk kesuburan pria.

10. Sehatkan otak

Magnesium dalam biji semangka dapat membantu meningkatkan daya ingat. Biji semangka juga dapat melawan pengurangan memori yang terkait dengan penuaan. Sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa magnesium di otak dapat meningkatkan daya ingat dan bahkan mempercepat pembelajaran. Kadar magnesium yang rendah dikaitkan dengan Alzheimer.

Kadar seng tertinggi dalam tubuh ditemukan di hippocampus di otak. Mineral ini telah digunakan dengan sukses besar untuk mengobati berbagai penyakit otak dan bahkan beberapa bentuk skizofrenia. Salah satu vitamin B yang mengandung biji semangka adalah niasin. Vitamin ini juga penting untuk sistem saraf.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews