Banyan Tree Bersama UMRAH Kenalkan Pelajar SD Desain Robot 3D

Banyan Tree Bersama UMRAH Kenalkan Pelajar SD Desain Robot 3D

Foto: Ary/Batamnews

Bintan - Tim CSR Banyan Tree Bintan bersama Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang menggelar Edutech for Children Competition di Halaman SDN 1 Teluk Sebong, Senggiling, Sabtu (14/12/2019).

Hadir dalam pertemuan ini, Hosni, M.Pd. (Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan), Henry Ali Singer (CSR Manager Banyan Tree Bintan) , Deny Nursywan, M.Sc. ( Dosen Pembina Edutech for Children UMRAH ). Kemudian juga ada beberapa perwakilan sekolah dari Kecamatan Bintan Timur dan Gunungkijang.

Manager CSR Banyan Tree Bintan, Henry Ali Singer mengatakan kegiatan ini diinisasi oleh Banyan Tree Bintan dan Fakultas Teknik UMRAH Tanjungpinang. Sedangkan pesertanya merupakan pelajar-pelajar terpilih dari sekolah - sekolah yang telah mengikuti program Edutech for Children sebelumnya.

“Jadi peserta yang ikut kegiatan ini adalah orang pilihan. Lalu kami ajarkan lagi ilmu-ilmu teknologi dan pariwisata agar mereka mampu berkompetisi baik dalam sekolah maupun luar sekolah,” ujar Henry, Minggu (15/12/2019).

Peserta dalam kegiatan ini merupakan pelajar-pelajar yang berasal dari Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang. Antara lain SMPN 24 Bintan, SDN 001 Teluk Sebong, dan SDN 004 Ekang Enculai. Kemudian SMPN 11 Tanjungpinang, SDN 03 Tanjungpinang Kota, SDN 02 Tanjungpinang Timur.

Sedangkan tujuan Edutech for Children Competition ini adalah memberikan motivasi dan apresiasi bagi pelajar terpilih dari masing-masing sekolah, berkonsep kompetisi yang dibuat menyenangkan. Kemudian para pelajar belajar teknologi sesuai tingkatannya dengan cara menyenangkan.

“Salah satunya mereka diajarkan membuat desain robot 3D melalui komputer,” jelasnya.

Kegiatan ini direspon sangat baik oleh pelajar dan sekolah karena kebutuhan era sekarang yang memang mengharuskan mengenal dengan teknologi. Terutama, Bintan yang mengandalkan sektor pariwisata dalam pembangunan.

Mereka adalah SDM yang akan menguasai teknologi digital, dengan begitu akan membantu pertumbuhan wisata yang lebih baik.

“Yang dinilai dalam kompetisi ini ada kreativitas, inovasi, komunikasi, dan kolaborasi,” katanya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 001 Teluk Sebong, Haryanto mengucapkan terima kasih kepada Banyan Tree dan UMRAH yang melaksanakan Edutech for Children Competition di sekolah yang dipimpinnya.

“Banyak manfaat yang didapatkan oleh pelajar. Khususnya mereka sudah melek dengan teknologi,” sebutnya.

Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut. Bahkan lebih besar dan banyak lagi pesertanya. Karena kegiatan ini tidak hanya berdampak pada berkembangnya pengerahuah pelajar terhadap teknologi namun juga menjadi ajang silahturahmi.

“Kami berharap tahun depan ada lagi. Kalau bisa lebih besar lagi karena kegiatan ini sangat dibutuhkan bagi anak didik di Bintan maupun Tanjungpinang,” sebutnya lagi.