5 Makan Ini Dipercaya Bikin Cepat Hamil, Apa Benar?

5 Makan Ini Dipercaya Bikin Cepat Hamil, Apa Benar?

Tauge (Foto:ist/fimela)

Jakarta - Bagi pasangan yang baru menikah, hadirnya momongan pasti jadi salah satu target. Berbagai asupan makanan penuh mitos pun ikut dilahap.

Berbagai penelitian mengungkapkan faktor kesuburan wanita dan pria dipengaruhi oleh asupan makanan. Beberapa orang percaya ada makanan yang mampu memancing agar wanita cepat hamil.

Sebut saja misalnya tauge, alpukat, kurma hingga daun singkong disebut-sebut sebagai makanan yang bisa membuat cepat hamil. Meski belum ada penelitian yang membuktikan makanan ini pemicu kehamilan tapi banyak masyarakat percaya akan mitos makanan ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut aneka makanan yang menyimpan mitos seputar kehamilan.

1. Tauge

Orang Indonesia sering menyebut tauge jadi salah satu makanan pemicu kesuburan dan bisa membuat cepat hamil. Mitos ini berkembang luas sehingga dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Tauge memang benar memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan. Tapi hal ini berlaku hanya bagi kaum adam saja. Belum ada penelitian yang membuktikan kalau tauge menyuburkan wanita dan membuat cepat hamil.

Tauge yang berasal dari kacang hijau ini mengandung folat yang tinggi. Sumber nutrisi ini jadi salah satu zat yang diperlukan wanita untuk memancing kehamilan. Folat yang masuk ke dalam tubuh nantinya menunjang tumbuh kembang janin yang optimal.

2. Daun singkong

Banyak beredar suplemen berbahan daun dan akar singkong yang digadang-gadang bisa meningkatkan kesuburan. Meski banyak dijual di toko obat, daun maupun akar singkong belum terbukti bisa membuat wanita cepat hamil.

Belum ada penelitian yang mendukung mitos ini karena kandungan nutrisi pada daun singkong berkhasiat sebagai anti peradangan. Daun singkong banyak dimanfaatkan untuk mengobati demam atau diare.

Selain itu, bagian singkong yang paling banyak dijadikan olahan makanan adalah bagian daun dan umbinya. Mengolah singkong juga perlu hati-hati karena umbi ini mengandung sianida yang justru bisa menimbulkan keracunan hingga kematian.

3. Kurma

Kurma memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Sementara untuk jenis kurma yang dipercaya cepat membuat hamil adalah jenis kurma muda. Tapi kabar ini tampaknya hanyalah mitos belaka.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal of Obstetrics and Gynaecology menunjukkan kalau kurma muda tidak memiliki potensi untuk menyuburkan kandungan. Berbeda halnya jika mengonsumsi kurma selama masa kehamilan, maka khasiatnya lebih bisa dirasakan.

Peneliti dari Jordan University of Science and Technology mengemukakan bahwa rutin makan kurma saat hamil tua akan memperlancar proses persalinan normal.

4. Alpukat

Alpukat juga disebuut-sebut sebagai makanan yang bisa membuat wanta cepat hamil. Dibandingkan dengan buah lainnya, alpukat memilliki kandungan asam folat yang tinggi. Buah ini memenuhi 22 persen kebutuhan harian tubuh orang dewasa.

Asam folat sendiri merupakan zat yang dibutuhkan wanita selama masa kehamilan. Biasanya pakar gizi akan menyarankan orang yang sedang program hamil untuk mengnsumsi banyak alpukat sebelum atau semasa hamil.

Selain asam folat, alpukat juga mengandung banyak nutrisi lain mulai dari vitamin hingga lemak nabati yang sehat. Alpukat juga bisa dikonsumsi dalam bentuk berbagai olahan yang lezat.

5. Pisang

Selain alpukat, buah pisang juga dipercaya bisa memicu kesuburan. Konsumsi pisang secara rutin dianggap bisa membuat wannita cepat hamil. Namun kabar ini masih mitos belaka karena belum ada penelitian spesifik yang menjelaskan hal ini.

Pisang mengandung asam folat dan vitamin B6 yang tinggi, dua zat ini membantu melancarkan siklus menstruasi. Dengan konsumsi banyak pisang, maka wanita bisa terhindar dari resiko infertilitas atau ketidaksuburan rahim.

Meski belum terbukti, tapi banyak pasangan yang mengonsumsi pisang selama masa program hamil. Pisang yang paling banyak dikonsumsi adalah jenis pisang ambon.

(*)