Cegah Stunting, Bunda PAUD Kepri Imbau Orangtua Biasakan Anak Konsumsi Ikan

Cegah Stunting, Bunda PAUD Kepri Imbau Orangtua Biasakan Anak Konsumsi Ikan

Foto: Sutana/Batamnews

Batam - Rosmeri Isdianto selaku Bunda PAUD Kepri mengajak anak-anak untuk gemar mengkonsumsi makanan sehat, terutama ikan. Gemar memakan ikan akan membuat anak-anak tumbuh dengan cerdas dan membantu mencegah stunting.

"Makanan ikan sangat bermanfaat karena gizinya sangat tinggi. Apalagi di Kepri, sumbernya sangat mudah didapat. Ayo, anak-anakku, yang gemar ya makan ikan. Orangtua juga harus rajin memberi menu ikan kepada anaknya," kata Rosmeri di Batam, Minggu (24/11/2019).

Rosmeri menyampaikan pesan itu sempena Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 November. Sempena Hari Ikan, Rosmeri, menghadiri Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD.

Gerakan ini dilakukan diseluruh Indonesia. Termasuk Kepri yang dipusatkan di PAUD Belahan Jiwa, Kabupaten Lingga, pada akhir pekan lalu.

Di Kepri, kata Rosmeri, banyak olahan makanan dari ikan yang bisa dinikmati anak-anak. Termasuk olahan teripang, salah satu biota laut yang sangat baik jika dikonsumsi. Malah Kepri sendir punya kampung teripang.

Kepada anak-anak dan ibu-ibu yang hadir saat itu, Rosmeri tak segan mengulangi ajakannya agar  semua gemar makan ikan. Setiap hari, jangan sampai lupa memberi lauk ikan kepada anak-anak.

Bulan lalu saat menjadi juri lomba gemar masak serba ikan, Rosmeri juga mengajak masyarakat Kepri gemar makan ikan dengan tujuan untuk kesehatan dan kecerdasan. Karena ikan mengandung banyak protein dan vitamin. "Ikan juga bisa mencegah stunting,” kata Rosmeri. 

Stunting adalah kondisi dimana tinggi badan anak lebih rendah dari standar usianya.

(*)

Komentar Via Facebook :