Polisi Temukan Indikasi Dana Desa untuk Bantu KKB di Papua

Polisi Temukan Indikasi Dana Desa untuk Bantu KKB di Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (Antara Foto)

Jayapura - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengakui adanya indikasi dana desa yang digunakan untuk membantu kelompok kriminal bersenjata (KKB). Dia pun mewanti-wanti para kades yang terbukti akan diproses secara hukum.

"Indikasi itu kami temukan di lapangan sehingga ke depan para kepala desa atau kampung tidak lagi membantu dengan menggunakan dana desa," kata Paulus Waterpauw di Jayapura, yang dikutip dari Antara, Selasa (26/11/2019).

Dikatakannya, dana desa yang dialokasikan pemerintah untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat di desa atau kampung. Menurutnya, tidak tepat bila dana tersebut digunakan membantu KKB apapun alasannya.

Bila hal ini tidak diindahkan maka pihaknya akan menindak tegas sesuai peraturan dan hukum yang berlaku. Waterpauw juga tak mau merinci lebih lanjut tentang kampung yang menggunakan dananya untuk membantu KKB.

Ketika ditanya tentang situasi kamtibmas menjelang 1 Desember yang diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), salah satu organisasi yang berjuang membebaskan Papua dari NKRI, Kapolda Papua menegaskan saat ini situasi relatif kondusif.

Aparat keamanan masih terus melakukan cipta kondisi di seluruh wilayah kabupaten/kota termasuk melakukan razia atau sweeping. Selain itu juga dilakukan pertemuan-pertemuan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat sehingga nantinya masyarakat diminta tidak terpengaruh dengan isu yang sengaja disebar kelompok yang tidak bertanggung jawab.

"Mari kita sama-sama menjaga keamanan di Papua agar tetap terjaga," ujar Waterpauw.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews