Polisi Singapura Ingatkan Wisatawan Waspada Tiket Online Bodong

Polisi Singapura Ingatkan Wisatawan Waspada Tiket Online Bodong

Universal Studios Singapura. (Foto: Resort World Sentosa)

Singapura - Kepolisian Singapura meminta semua kalangan mewaspadai kemungkinan adanya penipuan dalam pemesanan kamar hotel dan membeli tiket atraksi secara online.

Imbauan ini disampaikan jelang datangnya liburan akhir tahun yang banyak dimanfaatkan wisatawan berkunjung ke Singapura.

"Dengan liburan sekolah Desember mendatang, kami ingin mengingatkan masyarakat untuk waspada ketika melakukan pembelian online, terutama yang melibatkan pemesanan kamar hotel dan tiket atraksi," kata Kepolisian Singapura dilansir Channel News Asia, Jumat (22/11/2019).

Sedikitnya ada 197 laporan penipuan terkait pembelian atau pemesanan secara online, yang ditangani kepolisian negara itu antara Januari hingga September 2019.

Menurut polisi, laporan yang paling banyak diterima adalah penipuan tiket online mengatasnamakan Universal Studios Singapura. 

"Korban tidak menerima tiket atau menerima tiket yang tidak valid setelah pembayaran dilakukan," kata polisi.

Pihak berwenang menyarankan masyarakat untuk tidak bersikap impulsif dan waspada terhadap iklan online yang menjanjikan harga murah untuk tiket atraksi atau pemesanan hotel. Konsumen harus membaca ulasan penjual sebelum melakukan pembelian, tambah mereka.

Polisi juga memperingatkan bahwa beberapa scammer dapat menggunakan rekening bank lokal atau memberikan salinan NRIC atau SIM untuk berpura-pura menjadi penjual asli.

Masyarakat juga harus menghindari melakukan pembayaran atau setoran di muka, dan untuk menggunakan platform yang melepaskan pembayaran hanya setelah menerima item. Mereka juga harus mengatur untuk bertemu penjual dan membayar hanya setelah mengumpulkan barang.

"Ingatlah bahwa tiket mungkin tidak berlaku pada saat masuk karena tiket digandakan," kata polisi. "Karena itu Anda disarankan untuk membeli hanya dari penjual resmi." 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews