Penghujung 2019, Berikut Smartphone Mid-range Paling Value for Money

Penghujung 2019, Berikut Smartphone Mid-range Paling Value for Money

Huawei nova 5T

Tak terasa saat ini sudah berada dipenghujung tahun 2019. Bisa dibilang, tahun ini masih menjadi lomba antar perusahaan smartphone dengan menawarkan perangkat yang berkualitas serta spesifikasi mumpuni.

Mulai dari smartphone kelas menengah hingga teratas dengan spesifikasi terdepan mengisi maraknya pasar ponsel di Indonesia. Pada akhir kuartal ketiga tahun ini, masih ada beberapa perusahaan smartphone dengan produk baru yang layak dipertimbangkan untuk konsumen.

Salah satu smartphone kelas menengah ialah OPPO dengan meluncurkan produk anyarnya, OPPO Reno. Smartphone ini diperkirakan akan mampu menyumbang persaingan ketat di kelas menengah. Terutama di sisi desain, kapasitas kamera dan spesifikasinya.

Hadir pula smartphone lainnya. Adalah Huawei nova 5T dan Samsung A70 yang sudah diperkenalkan lebih dulu. Dengan kehadiran tiga produsen terkemuka smartphone dalam waktu yang berdekatan, akan menjadi persaingan ketat.

Namun, mengingat kemiripan harga dan beberapa spesifikasi teknologi yang diusungnya, akan  membuat konsumen mesti mampu melihat penawaran mana yang lebih menarik dan dibutuhkannya. Berikut ulasannya:

 

Desain dan bahan bodi

Pada ketiga smartphone mid-range ini menyajikan bahan dan desain bodi yang berbeda, namun menampilkan konsep yang mirip.

Sebagai contoh, tampilan bodi elegan yang sudah mengusung daya tarik smartphone premium. Kualitas premium bodi ketiganya dapat dilihat nyata oleh konsumen dari kualitas tinggi bahan yang digunakan.

Untuk, tampilan belakang bodi HUAWEI nova 5T dan Oppo Reno berbahan kaca dan berkerangka logam. Sedangkan Samsung Galaxy A70 meski hanya menggunakan panel plastik tapi cukup mampu memberikan tampilan mengkilap.

Bicara ukuran, Samsung Galaxy A70 menjadi smartphone yang terbesar lalu diikuti dengan Oppo Reno. Dari ketiganya, yang paling ringkas adalah HUAWEI nova 5T.

Selain itu, ketiganya juga hadir dengan variasi warna yang cukup menarik konsumen. Ketika berbicara tentang port USB, ketiganya mengusung USB Type C.

Namun, untuk fitur mendengarkan musik atau audio, Samsung A70 dan Oppo Reno hanya dilengkapi dengan port audio 3.5mm. Di fitur ini HUAWEI nova 5T mengungguli keduanya, karena sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth 5.0.

Adanya fitur ini tersebut tentu akan mempermudah konektifitas audio para penyuka musik. Seperti yang diketahui banyak pengguna bluetooth 5.0 adalah teknologi bluetooth anyar yang sangat mendukung suara berkualitas tinggi.

 

Kamera

Kini fitur kamera selalu menjadi daya tarik tersendiri. Untuk, HUAWEI nova 5T layak menjadi pilihan karena memiliki empat kamera belakang. Tak kurang spesifikasi tinggi 48MP sebagai kamera utama, 16MP untuk kamera ultrawide, 2MP kamera makro, dan 2MP untuk kamera potret, serta tambahan kamera depan 32MP disematkan Huawei di nova 5T.

Sedangkan Samsung Galaxy A70 hanya memiliki kamera belakang 32MP sebagai kamera utama, 8MP untuk kamera ultrawide, 5MP untuk kamera potret, dan kamera depan 32MP.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Oppo Reno. Ponsel itu memiliki kamera belakang 48MP sebagai kamera utama dan 5MP sebagai kamera potret, dan kamera depan pop-up 16MP.

Secara keseluruhan, pengalaman fotografi terbaik dimiliki oleh HUAWEI nova 5T. Smartphone ini memiliki banyak lensa terbanyak yang memungkinkan konsumen untuk beradaptasi dengan berbagai skenario pemotretan.

Namun, jika harus memilih antara kedua handset lainnya, Oppo Reno patut dipertimbangkan karena hasil foto dari smartphone ini memiliki kualitas yang menurut banyak pihak lebih tajam ketimbang Samsung A70.

 

Perfoma Terbaik bagi Gamers

Banyak kalangan mengatakan bahwa kelas menengah smartphone adalah ajang adu kecepatan prosesor bagi semua produsen smartphone. Pada posisi pertama, Huawei nova 5T sendiri mengklaim prosesornya sebagai "King of Midrange Smartphone" dengan menyematkan flagship chipset Kirin 980 (7nm) sebagai prosesornya.

Chipset yang digunakan ini sama persis dengan yang ada pada smartphone pabrik sama yang berharga lebih mahal, Huawei P30 Pro.

Smartphone P30 Pro ini sudah masuk dalam kelas smartphone flagship yang dimiliki oleh Huawei saat ini. Tidak hanya itu juga, dukungan GPU Turbo pada handset HUAWEI nova 5T memungkinkan permainan game yang cepat dan tanpa lagging.

Performa tinggi ini tentu sangat ditunggu kalangan gamer Nusantara, mengingat hasil pertandingan yang positif sangat dipengaruhi kualitas chipset. Sedangkan dua smartphone lain, Samsung A70 dan Oppo Reno 2F secara berurutan menggunakan Snapdragon 675 dan Mediatek Helio P70.

Jadi secara detail, komparasi detil ketiga smartphone mid-range ini dalam beberapa benchmark, hasilnya akan seperti ini:

Terlihat dari beberapa hasil benchmark-nya, Huawei nova 5T menjadi smartphone pilihan yang tepat untuk konsumen dapat bermain game tanpa hambatan.

 

Kesimpulan

Akhirnya, dari segi komparasi performa kamera dan performa gaming, HUAWEI nova 5T berada di posisi pertama dalam kelas smartphone mid-range. Baru diikuti oleh Oppo Reno dan Samsung Galaxy A70.

Lagi pula, jika Anda ingin memiliki smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga terbaik, Huawei nova 5T adalah pilihan terbaik dan value for money bagi konsumen Nusantara pada saat ini.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews