Terkendala Juknis, Penerimaan CPNS Pemprov Kepri Diprediksi Molor

Terkendala Juknis, Penerimaan CPNS Pemprov Kepri Diprediksi Molor

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Pemerintah Provinsi Kepri diprediksi molor dari jadwal. Penyebabnya, panitia pelaksana belum menerima petunjuk teknis (juknis) penerimaan CPNS ini. 

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepri, Firdaus mengatakan sebelumnya penerimaan CPNS akan ditangani tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Badan Kepegawaian Negara (BKN), namun ada keputusan pelaksanaan saat ini diserahkan ke Pemda.

"Karena ada perubahan pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS ini ke pemerintah daerah, maka diprediksi tahapan ini akan molor," ujarnya di Tanjungpinang, Senin (11/11/2019).

Dengan perubahan tersebut lanjutnya, tentunya Pemprov Kepri harus menyusun juknis terlebih dulu, sehingga membutuhkan waktu.

"Kami penuh kehati-hatian dalam menyusun juknis ini. Jangan sampai juknis ini justru dapat merugikan pelamar," ujarnya. 

Selain itu tambahnya, Pemprov Kepri juga harus memikirkan atas keterbatasan komputer untuk melaksanakan CAT. Sebab, Pemprov Kepri hanya memiliki 50 unit komputer untuk digunakan dalam ujian nanti.

Sementara, diprediksi jumlah pelamar CPNS 2019 di Pemprov Kepri ini akan membeludak dan bahkan mencapai ribuan orang.

"Hal ini juga yang sedang kami siasati pelaksanaannya. Karena, untuk menambah komputer pemerintah tidak menganggarkan. Apakah nantinya akan meminjam komputer yang ada di dinas-dinas atau bagaimana masih dipikirkan," kata Firdaus.

Namun demikian, untuk pengumuman formasi CPNS Pemprov Kepri tetap dibuka hari ini (Senin). Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi daftar formasi yang dibuka untuk seleksi CPNS 2019 dapat mengakses di situs resmi Pemrov Kepri.

Untuk tahapan selanjutnya ditambahkannya, akan dilakukan sesuai jadwal dimana pelaksanaan tes akan dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang.

"Kalau untuk tes sesuai jadwal pada Februari 2020 mendatang. Tapi, kami upayakan akan sesuai dengan jadwal," tukasnya.

Sebelumnya, Pemprov Kepri tahun 2019 ini akan membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah sebelumnya Kemenpan-RB membuka peluang
penerimaan CPNS di seluruh Indonesia.

Tahun 2019 ini, Pemprov Kepri menerima kuota sebesar 108 formasi untuk seleksi CPNS. Dan sebagian besar formasi untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Karena dua formasi ini masih menjadi prioritas dan sangat dibutuhkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews