Siapkan Dokumen, Penerimaan CPNS Dimulai 11 November

Siapkan Dokumen, Penerimaan CPNS Dimulai 11 November

Pj Sekda Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan. (Foto: Adi/batamnews)

Jakarta - Pemerintah pusat memutuskan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS akan dibuka pada 11 November 2019.

Keputusan ini tertuang dalam pengumuman Menteri PANRB nomor B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah tertanggal 28 Oktober 2019.

Pengumuman tersebut akan diikuti pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada 11 November 2019.

Dalam laman tersebut, bagi yang ingin mengikuti penerimaan CPNS 2019 harus menyiapkan sejumlah dokumen.

Dokumen itu di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

"Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN," ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Senin, 28 Oktober 2019.

Dia menuturkan, dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempublikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing.

"Pada tahun ini pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia," ucapnya.

Menurut Bima, saat ini pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan.

"Selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa saat pendaftaran daring telah dibuka, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang akan tertuang pada portal SSCASN," ucap Bima.

Pada 2019 ini, pemerintah akan membuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 Kementerian/Lembaga dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

Kuota CPNS Tanjungpinang Menyusut
Sementara itu, Pemko Tanjungpinang juga menyatakan kesiapan menggelar perekrutan CPNS ini. Namun, kuota CPNS untuk Tanjungpinang menyusut dari 216 orang, menjadi 116 orang.

"Sebelumnya kan 216 orang, tapi sekarang jadi 116 orang, lumayan ada, ada juga daerah tak dapat," kata Pj Sekda Pemko Tanjungpinang, Tengku Dahlan, kemarin.

Ia menjelaskan, dari jumlah formasi 116 orang itu terdiri sebanyak 85 orang tenaga pengajar, 16 tenaga kesehatan dan 15 orang untuk tenaga teknis.

(adi)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews