Inovasi Layanan Antar UPT Samsat Batam Centre Raih Penghargaan KemenPAN-RB

Inovasi Layanan Antar UPT Samsat Batam Centre Raih Penghargaan KemenPAN-RB

Kepala UPT PPD Samsat Batam Centre, Vira Jiansa Respati menerima penghargaan dari KemenPAN-RB. (Foto: istimewa)

Batam - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Samsat Batam Centre menorehkan raihan positif dalam pelayanan bagi publik di Kota Batam.

UPT tersebut diganjar penghargaan sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik kategori baik 2019 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Hotel Aston Batam, Kamis (7/11/2019). 

Kepala UPT PPD Samsat Batam Centre, Vira Jiansa Respati mengatakan ini merupakan penghargaan perdana yang diperoleh. 

"Sebelumnya, 2018 sempat mendapat nilai C tapi bukan di Batam, saat itu penilaiannya di Samsat Tanjungpinang. Alhamdulillah tahun ini mendapat hasil B untuk wilayah regional satu, dan yang memperoleh UPT Samsat Batam Centre karena lokasinya saat ini di sini," kata Vira, saat ditemui di Kantor Samsat Batam Centre, Jumat (8/11/2019)

Untuk Samsat di regional 1, menurut pengakuan Vira hanya Samsat Batam Centre yang mendapat nilai B. Sebagai role model, kedepannya UPT Samsat Batam Centre juga akan menjadi percontohan bagi samsat lainnya. 

Ada beberapa kriteria penilaian sehingga Samsat Batam Centre bisa peroleh penghargaan sebagai role model. Diantaranya kebijakan pelayanan, profesionalisme, sarana dan prasarana, konsultasi dan pengaduan serta inovasi. 

Pelayanan yang dilakukan di Samsat Batam Centre ada dua diantaranya pembayaran pajak kendaraan, dan bea balik nama kendaraan. 

Untuk dua pelayanan tersebut dapat dilakukan di Samsat Batam Centre langsung, maupun Samsat Corner yang tersedia di BCS Mall, Harbour Bay Mall, Kepri Mall, dan DC Mall. 

UPT Samsat Batam Centre juga melayani kepengurusan melalui Samsat Keliling baik menggunakan bus maupun kendaraan roda 4. 

Ada juga Samsat bergerak dimana tim Samsat, turun ke titik kumpul masyarakat seperti pasar, maupun kantor kecamatan.
"Di kami juga ada Samsat Drive Thru, yang melayani pengurusan pajak tanpa perlu turun dari kendaraan," jelasnya. 

Tak hanya itu, Samsat Batam Centre juga terus melakukan inovasi dengan membuka layanan konsultadi pengaduan terhadap kritik, saran maupun masukan dari masyarakat. 

Layanan aduan ini, bisa disampaikan melalui kotak aduan, loket aduan, bahkan ada website aduan dari Samsat Batam Centre yang siap menerima aduan dari masyarakat. 

"Ada masalah apapun sesegera mungkin kami tindak lanjuti, baik itu melalui kotak aduan maupun layanan aduan lainnya," ucapnya.  
 
Ke depannya, Vira mengatakan, UPT Samsat Batam Centre, akan terus menghadirkan inovasi dengan mengikuti perkembangan teknologi.

"Dan kami selalu berusaha dari tahun ke tahun meningkat pelayanan kita. Insya allah next kalau bisa kita jadi yang terbaik lagi," tutupnya. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews