BUMDes Busung Alokasikan Dua Kapal untuk Nelayan

BUMDes Busung Alokasikan Dua Kapal untuk Nelayan

Ilustrasi. (Foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Bintan - Desa Busung akan memberikan bantuan kapal kepada nelayan setempat. Kapal sebanyak dua unit tersebut diadakan melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019.

Kepala Desa Busung, Rusli pihaknya telah mengalokasikan 1 bantuan kapal nelayan dan 1 kapal untuk wisata. 

“Kalau anggarannya cukup, ya inginnya 2 kapal. Tapi kalau cuma 1 ya apa boleh buat,” ujar Rusli, Kamis (31/10/2019).

Meskipun bantuannya terbatas, dia menginginkan dapat bermanfaat bagi penerimanya dan banyak orang. Kemudian juga pemeliharaannya dipantau terus akan dapat memberikan manfaat lebih lama.

Untuk mencegah agar tidak mangkrak atau penyalahgunaan bantuan, pihaknya akan mengawasi pemberian dan penggunaan kapal nelayan secara langsung ke masyarakat. 

“Di tahun 2020 direncanakan akan ada dua kapal bantuan untuk nelayan,” sebutnya.

Bantuan kapal nelayan ini dilakukan sebagai upaya pemerataan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan. Apalagi bantuan dari dinas terkait sangat minim sehingga banyak nelayan-nelayan kecil belum merasakannya.

Agar bantuan itu tepat sasaran, dibutuhkan pengawasan secara terstruktur untuk memastikan pemanfaatan maupun penggunaannya. Maka pihak desa menyerahkan semua itu ke BUMDes untuk membantu mengawasinya.

“Dari pihak desa akan menyerahkannya ke nelayan melalui BUMDes. Terus semua pihak akan menandatangani dengan pernyataan,” jelasnya.

Rusli menegaskan pengawasan yang akan dilaksanakan sangat ketat, kapal tidak boleh dibiarkan begitu saja apalagi dijual. Jika nelayan ingin melakukan pinjam pakai harus melalui BUMDes.

“Itupun hanya boleh pinjam pakai antar nelayan di Desa Busung, kalau dari luar desa tidak boleh,” katanya. 

(ary)
 

(ary)